Berita

Vaksinasi Di Pesantren Miftahul Huda Kroya Sasar Ratusan Santri

Vaksinasi Jaga Kiai untuk para santri dan warga pesantren terus bergulir, termasuk di Kabupaten Cilacap. Kali ini kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya, Selasa (14/09). Kuota sebanyak 1000 vaksin diperuntukkan para santri, pengasuh dan warga umum.

Program Vaksinasi Pesantren Miftahul Huda terselenggara melalui vaksin merdeka POLRI sebagai ikhtiar herd imunity santri dan pengasuh ponpes.

Hadir dan turut menyaksikan kegiatan Vaksinasi tersebut Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi, Pengasuh Ponpes Miftahul Huda KH Su’ada Adzkiya, Ketua PCNU Cilacap KH Drs. Nasrullah Muhson, dan Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Kabupaten Cilacap Banu Tolib.

Dewan Pengasuh Pesantren KH Su’ada Adzkiya mengatakan dengan adanya vaksinasi untuk menjaga kyai dan santri, menyampaikan rasa hormat dan terimakasih setinggi-tingginya. Beliau juga mengungkapkan harapan agar ikhtiar ini benar-benar mendapatkan ridho dari Allah SWT.

“Dengan demikian maka kami dari Nahdlatul Ulama lebih bisa menghargai ikhtiar pemerintah dalam rangka menghadapi pandemi 19. Dengan demikian, kami bisa melaksanakan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah dengan baik juga,” ungkap KH Su’ada Adzkiya.

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan oleh NU Care-LAZISNU Cilacap dan Lembaga Kesehatan NU (LKNU) Cilacap. 1000 dosin vaksin menyasar tidak hanya untuk kalangan santri, tetapi juga masyarakat umum di sekitar pesantren Miftahul Huda Kroya.

“Vaksinasi di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya menyasar 1000 penerima manfaat untuk kalangan santri ada Ponpes Miftahul Huda, Ponpes Al-Hidayah Kroya, untuk kalangan pelajar ada dari Siswa SMP Masyithoh, SMP Ma’arif, SMA Ma’arif, dan SMK Ma’arif 01 Kroya, serta menyasar masyarakat umum sekitar ponpes,” terang ketua NU Care-LAZISNU Cilacap, H Wasbah Samudra Fawaid.

Ia menambahkan vaksinasi tersebut juga merupakan sinergisitas antara Polres Cilacap, Satgas NU Peduli Covid-19 PBNU, BAZNAS, Kementerian Agama RI dan POLRI.

Sebelumnya, NU Care-LAZISNU Cilacap juga telah melaksanakan vaksinasi di Gedung Graha Darussalam Jl. Jend Sudirman Cilacap, Pesantren El Bayan Majenang, dan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Kesugihan.

Terpisah pengurus LKNU Cilacap Basit Wahib menyampaikan tentang esensi dari vaksinasi.

“Vaksinasi esensinya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan apa yang disebut herd amunity. Terutama untuk para siswa dan santri yang tengah menjalankan pembelajaran di tengah situasi pandemi ini sehingga senatiasa terjaga imunitasnya. Begitu juga dengan para mahasiswa yang sebentar lagi akan menjalankan perkuliahan, semuanya dijaga prokesnya,” ujar Basit.

Basit juga berpesan kepada para santri agar tetap menjaga protokol kesehatan meskipun sudah divaksin.

“Kepada para santri, meskipun sudah divaksin, tetap menjaga protokol kesehatan. Menjaga kebersihan, mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, semua itu tetap dijaga. Mudah-mudahan kesadaran kesehatan semakin meningkat,” pungkas Basit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 − 20 =

Back to top button