Ibadah / Amaliyah

Ubudiyah Ibadah Amaliyah, artikel di halaman ini disajikan untuk membahas masalah ubudiyah, ibadah dan peribatan serta amaliyah atau amalan, termasuk pengertian, materi, waktu, tujuan, tata cara dalam pemahaman Manhaj Islam Aswaja atau Ahlussunnah Wal Jamaah.

Ibadah berarti ketundukan, kepatuhan, merendahkan diri (tadzallul) dan ketaatan kepada Sang Khalik. Semuanya disertai dengan rasa cinta yang mendalam karena sifat Rahman dan Rahim-Nya dan rasa takut karena ancaman-Nya.

Antara Ubudiyah Amaliyah dan Amalan keagamaan Islam merujuk pada Firman Allah SWT dalam Alquran Surah Adz-Dzariyat ayat 56 berbunyi: “Wa ma khalaqtul jinna wal insa illa liya’budun,”. Yang artinya: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku,”. Dengan demikian aktivitas Muslim tidak lepas dari hubungan vertikal dengan Allah SWT.

Jumhur Ulama menyepakati bahwa praktik hubungan vertikal manusia dengan Allah SWT antara lain melalui ibadah. Ia bisa berupa Shalat, Zakat, Puasa, Haji dan jenis ibadah Wajib dan Sunnah lainnya. Dalam konteks ini, berlaku pembagian jenis ibadah amaliyah yang mahdlah dan ghiru mahdlah sesuai hukum dan syariah Islam

Sementara itu, amaliyah merupakan rupa-rupa dan jenis ibadah, biasa disebut juga dengan amalan, yang dilakukan dalam bentuk pengamalan dan pengabdian kepada Allah Swt, dilakukan oleh seseorang maupun kelompok masyarakat lain sebagainya yang dilakukannya secara terus-menerus.

Termasuk di dalamnya amaliyah keagamaan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah yang khas warga NU sehingga ada sebutan Amaliyah Nahdliyyah yang khas pula. Ubudiyah Ibadah Amaliyah warga Nahdlatul Ulama tidak dikandung maksud untuk menjadikannya eksklusif, melainkan untuk mempertegas.

Di halaman Ubudiyah Ibadah Amaliyah Amalan ini disajikan beberapa artikel yang berhubungan dengan Ibadah Islam Aswaja. Termasuk di dalamnya disajikan dalil, Tata Cara Ibadah Amaliyah, kaifiyah, keutamaan, kemuliaan, dari praktik ibadah hingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Semoga halaman ini bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Back to top button