Tasawuf Tarekat

Tasawuf dan Tarekat erat hubungan  nya dengan Organisasi Islam Aswaja (Ahlussunah Wal Jamaah) Nahdlatul Ulama (NU). Warga dan jamaah dan anggota nya banyak yang pengamal tasawuf dan penganut tarekat.

Hubungan Tarekat Tasawuf dengan Organisasi NU juga tercermin dengan adanya Badan Otonom NU yang bernama Jatman (Jamiyyah Ahli Thariqah Al Mu’tabaroh Al Nahdliyyah). Di Banom Jatman ini, berbagai aliran tasawuf dan tarekat serta pengamal tasawuf dan tarekat Aswaja berkumpul.

Ada 40 an lebih Tarekat organisasi pengamal Tasawuf yang diakui oleh Nahdlatul Ulama. Silakan baca 45 Tarekat NU Berstandar. Artinya, memenuhi standar sanad dan keilmuan terutama dari pendirinya. Beberapa di antaranya Tarekat Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah, Tijaniyah, Syadzaliyah, Syathoriyah, dan lain sebaginya.

Tasawuf menjadi ciri penganut Islam Aswaja. Mereka mengamalkan pengamalan taswufnya. Dalam hal bertasawuf penganut Islam Aswaja mengikuti salah satu dari dua Imam: Qasim Al Junaidi Al Baghdadi dan Abu Hamid Muhammad Al Ghazali. Dua tokoh Sufi dan tasawuf terkemuka di dunia dalam sejarah perkembangan tasawuf.

Tasawuf adalah Ilmu, sebagai mana Ilmu tauhid, Ilmu Fiqih. Ilmu tasawuf itu tidak bertentangan dengan Alquran dan sunnah Nabi dan bahkan Alquran dan Sunnah Nabi itulah yang menjadi sumbernya. Itu sebabnya, Tasawuf menjadi salah satu ciri Islam Aswaja.

Halaman Tasawuf Tarekat di situs islam aswaja NU Cilacap Online ini, berisi artikel tentang Tasawuf dan Tarekat beserta hal-hal yang berkaitan. Di antaranya,  tokoh musyid tasawuf dan tarekat, ajaran, amalan, dzikir, profil organisasi tarekat, silsilah tarekat Islam Aswaja NU beserta tata cara ibadah nya.

Back to top button