Catatan Redaksi

Situs Berita Kegiatan Lembaga NU dan Badan Otonom NU

Menjadi situs website berita tentang kegiatan Lembaga NU dan Badan Otonom NU adalah prakarsa sinergis dari NU Cilacap Online. Tentu dengan berbagai alasan seperti berikut ini.

Alasan yang utama adalah baik Lembaga NU maupun Badan Otonom NU menjadi bagian integral dari organisasi NU tingkat cabang; sebagaimana Nahdlatul Ulama Cilacap. Keduanya mengemban amanat melaksanakan kebijakan organisasi NU sesuai bidang masing-masing dalam ragam jenis kegiatan.

Alasan yang kedua, NU Cilacap Online sebagai situs atau website berita organisasi tidak lepas dari aktifitas publikasi berita dan informasi kegiatan; baik berkaitan dengan kegiatan Lembaga maupun Badan Otonom NU. Bahkan, berita dan informasi kegiatan oleh Majelis Wakil cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU).

Sudah sejak pertama kali terbit, website dengan tagline Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online ini, mencover pemberitaan organisasi bahkan berita daeah Cilacap; baik oleh PCNU, Lembaga maupun Badan Otonom. Karena satu hal; kebutuhan publikasi berita kegiatan NU juga lahir dan hadir dari Lembaga dan Badan Otonom NU.

Yang ketiga, ini alasan yang cukup rasional; bahwa untuk kebutuhan publikasi berita dan informasi kegiatan, baik Lembaga maupun Badan Otonom NU tidak harus secara mandiri memiliki situs sendiri-sendiri. Memang, ada banyak daftar Website Organisasi NU, Lembaga & Badan Otonom NU, namun itu di tingkat pusat.

Artikel Terkait

Bagaimana di tingkat cabang? Jika ada kehendak memiliki situs berita kegiatan untuk Lembaga dan atau Badan Otonom NU, itu menjadi hak masing-masing. Kiranya, jika bisa kemampuan, tentu masing-masing mampu membuat dan memiliki website / situs sendiri-sendiri.

Lembaga dan atau Badan Otonom NU, setidaknya di tingkat cabang dan wilayah, tidak sedikit yang memiliki situs untuk menyampaikan berita dan informasi kegiatan. Selagi cukup kemampuan dari banyak aspek, termasuk kebertahanan dan keberlangsungannya, mengapa tidak? Sebab banyak alasan untuk Website Organisasi, harus bertahan atau tumbang.

Ekspose Berita Kegiatan

Alasan yang ke empat adalah eksposure bersama dan global atas kegiatan lembaga dan Badan Otonom NU melalui situs berita. Eksposure bersama memiliki arti keterlibatan bersama sama dalam memproduksi dan mempublikasikan berita dan informasi; dengan menjunjung tinggi pedoman media siber.

Prakarsa sinergis dari NU Cilacap Online atas ekspose berita kegiatan membuka keterlibatan langsung dari pengurus Lembaga NU dan atau Pimpinan Badan Otonom NU; tidak hanya di tingkat cabang, tapi juga tingkat anak cabang hingga ranting.

Eksposure global sudah bukan rahasia lagi; bahwa berita dan informasi (keagamaan dan keorganisasian) yang dipublikasikan melalui situs, semacam NU Cilacap Online News ini; berpeluang mengglobal, menjadi konsumsi masyarakat global. Dengan begitu, berita positif dan informasi yang bermanfaat bisa diekspose secara simutan dan menjangkau ke seluruh dunia.

Berita dan informasi kegiatan Lembaga NU dikumpulkan di sini, sedang berita dan informasi kegiatan Badan Otonom NU terkumpul di sini; keduanya menyatu dalam navigasi situs dan menjadi satu kesatuan yang saling berkaitan. Menginformasikan sekaligus mendokumentasi kegiatan secara berkelanjutan.

Tim Redaksi NU Cilacap Online membuka diri seluas luasnya atas keterlibatan pengurus Lembaga NU dan Badan Otonom NU; untuk menjadi bagian dari publisher di website berita Nahdlatul Ulama dan informasi di situs ini. Kami meyakini, dengan keterlibatan tersebut, website organisasi NU Cilacap di bawah NU Cilacap Official Media (NUCOM) ini akan semakin berkembang di kemudian hari.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 − twelve =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button