Catatan Redaksi

Situs Berita Informasi Cilacap | NU Cilacap Online News

Situs berita informasi Cilacap menjadi bagian dari aktifitas NU Cilacap Official Media (NUCOM), media penyampaian berita dan informasi (News) lokal atau daerah Kabupaten Cilacap secara Online, meskipun pada awalnya bukan merupakan platform website berita seperti pada umumnya.

Berita sebagai bagian dari aktifitas jurnalistik sudah menjadi menu keseharian media online digital. Dan secara umum sudah menjadi pengetahuan bahwa jurnalistik online sebagai jurnalisme “generasi ketiga”. Sebelumnya ada jurnalistik cetak, print journalism, seperti suratkabar, tabloid, majalah. Juga jurnalistik elektronik electronic journalism, broadcast journalism berupa jurnalistik radio dan televisi.

Jurnalistik online — yang tampil di era budaya digital saat ini, performancenya mendapat dukungan dengan website / situs web. Adalah “jurnalistik masa depan”, future journalism, yang terus berkembang seiring perkembangan teknologi digital informasi, komunikasi. Juga kemampuan pribadi orang per orang dalam penguasaan jurnalistik yang semakin fenomenal.

Dalam konteks berita dan informasi, tak terkecuali berita daerah Kabupaten Cilacap, orang per orang di manampun mereka berada, sudah bisa memerankan diri sebagai self-reporter, swa-journalist, pewarta mandiri, meskipun hanya sekadar sebuah tulisan utas ala Twitter atau status ala Facebook, atau bahkan informasi bergenre feature berbasis situs web dengan menjunjung tinggi pedoman media siber.

Media sosial seperti Facebook dan Twitter sudah bisa dianggap sebagai media berita dan pemberitaan di mana para pengguna bisa memberikan informasi berdasarkan data dan fakta yang terjadi di sekelilingnya. Baca Kebijakan Privasi Kami

Orang-orang, hari ini, tidak harus menjadi wartawan atau pewarta resmi sebuah media cetak atau elektronik sekadar untuk memberikan sebuah berita dan informasi (keagamaan dan keorganisasian). Orang-orang, hari ini, pun tidak lagi bisa terbatasi dalam hal memberi dan menerima. Juga mengakses informasi, sebatas dari koran dan media cetak lain, juga dari radio dan televisi.

Berita Informasi Cilacap

Bahkan beberapa jenis media jurnalistik tersebut semakin tergeser dengan platform media sosial atau jenis media jurnalistik online lain seperti banyak channel video yang tersedia. Perusahaan-perusahan media masa mainstream pun tidak bisa menghindari dari model jurnalistik generasi ketiga ini.

Tampilnya NU Cilacap Video Channel di Youtube juga merupakan imbas positif dari fenomena jurnalistik online berbasis video, NU Cilacap Online di Facebook juga sarat dengan nuansa informasi berita positif yang ditautkan ke Situs Islam Aswaja ini. Demikian juga dengan NU Cilacap Online di Twitter dan Instagram untuk jenis berita berbasis cuitan dan infografis. Semuan menjadi bagian dari Situs Berita Informasi NUCOM.

Menjadi portal, media, situs berita informasi daerah Kabupaten Cilacap bukan lah tujuan yang terlalu ekspektatif bagi aktifitas dan pegiat NU Cilacap Official Media yang disajikan lewat Website Berita Nahdlatul Ulama ini. Dengan berita dan informasi Cilacap, dikandung maksud situs web NU ini turut memuat menayangkan informasi dan berita yang terjadi di Kabupaten Cilacap.

Salah satu fenomena yang mengiringi jurnalistik online berbasis media sosial maupun situs web dan portal media berita dan informasi lainnya adalah munculnya citizen journalism, jurnalisme warga. Organanisasi NU Cilacap yang berjenjang sampai pusat-pusat informasi di desa bahkan di dusun, merupakan modal di mana warga nya bisa mengambil peran dan menjadi bagian dari aktifitas NUCOM, di dalam maupun di luar tim.

Kiranya, website Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap ini tidaklah terlalu ekspektatif menjadi Situs Berita Informasi NU Cilacap Online News daerah Kabupaten Cilacap di kemudian hari. Semua butuh persiapan, termasuk manajemen Sumber Daya Manusia dan perangkat pendukung lainnya yang harus siap. Ke arah sana, Kami sedang menuju. (Tim Redaksi).

Temukan NU Cilacap Online NUCOM dan ikuti di Twitter, Facebook Fans Page, dan ikuti Instagram, juga subscribe channel YouTube kami.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button