Seni Budaya

Artikel berita seni, sastra, tradisi, budaya, adat, profil tokoh seniman, sastrawan, budayawan NU, kesenian kesusasteraan, kebudayaan, puisi, penyair, syair, qasidah, burdah, tradisi Islam Nusantara Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja). Beberapa topik tersebut disediakan secara berkelanjutan di halaman ini.

Seni dan Budaya melekat pada Organisasi NU, secara khusus NU mengembangkan keduanya sebagai sarana dakwah Islam Aswaja yang moderat. NU juga kental dengan nuansa tradisi dalam pengertian kebiasaan yang diwariskan turun temurun, termasuk di dalamnya adat istiadat, yang tidak bertentangan dengan Syariat Islam.

Sebagai bukti NU mengembangkan (menciptakan, mempertahankan, melestarikan) seni dan budaya, dibentuklah LESBUMI NU, Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama. Di dalamnya, berkumpul para tokoh seniman, sastrawan, budayawan, penyair, sastrawan berlatarbelakang Nahdlatul Ulama.

Nahdlatul Ulama sebagai organisasi yang lahir, tumbuh dan berkembangan di Nusantara, sejak awal berdirinya menjunjung tinggi tradisi Nusantara (Tradisi Budaya Nusantara) yang diketahui memiliki akar budaya yang kuat dan membentuk watak serta karakter Muslim Nusantara. Watak dan karakter yang dibangun di atas sendi-sendi Islam ini kemudian menjadi embrio terminologi Islam Nusantara.

Jika warga NU dikatakan kaum tradisionalis, dan organisasi NU dinyatakan sebagai organisasi tradisional, secara embrio kelahirannya memang berangkat dari dan ada dalam situasi dan kondisi bangunan tradisi yang mengakar dan membumi di Nusantara, yang kemudian mewujud dalam bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai Organisasi Islam, NU tidak menolak budaya dan tradisi Nusantara secara mutlak. Corak keislaman yang dibangun NU dengan sendi Aswaja, telah melahirkan bentuk keislaman khas Indonesia yang mengedepankan corak keberagamaan yang moderat dan inklusif. Dalam konteks ke-nusantaraan yang ada di Indonesia, budaya, tradisi dan seni itu menjadi alat untuk menyampaikan ajaran-ajaran agama Islam. Inilah yang dikembangkan dan dipertahankan oleh NU.

Back to top button