Sayyidah Khadijah Al Kubra dan Keistimewaannya

NU CILACAP ONLINE – Sayyidah Khadijah Al Kubra adalah istri pertama Rasulullah ﷺ, perempuan pertama yang beriman kepada Allah dan kenabian Rasulullah ﷺ, perempuan yang berjasa dalam dakwah Rasulullah ﷺ dan penyebaran agama islam, dan inilah keistimewaannya yang paripurna.

Ada beberapa keistimewaan Sayyidah Khadijah.  Sayyid Muhammad Ibnu Alawi Al-Maliki menulis dalam salah satu karyanya Al-Busyra fi Manaqib Sayyidah Khadijah Al Kubro.

Beberapa keistimewaan Sayyidah Khadijah Al Kubra di antaranya:

1.Mendapat derajat kemuliaan yang paling tinggi. Beliau merupakan orang pertama yang mengimani kerasulan nabi Muhammad ﷺ, tidak ada yang mendahului keimanan beliau baik laki-laki maupun perempuan.

Selain itu, jauh sebelum adanya syariat shalat, Sayyidah Khadijah sudah melaksanakan shalat bersama nabi Muhammad ﷺ dan sayyidina Ali ibn Abi Thalib.

2.Merupakan afdhal nisa’ al-mustafa bi al-tamam, Sayyidah Khadijah Al Kubra  termasuk perempuan terpilih yang paling mulia. Hal ini sesuai dengan sabda nabi Muhammad ﷺ:

سيدة نساء العالمين مريم ثم فاطمة ثم خديجة ثم آسية امرأة فرعون

“Bahwa perempuan paling mulia di muka bumi ini adalah Maryam (Ibunda Nabi Isa AS), kemudian Fatimah (putri nabi Muhammad ﷺ) , Khadijah (istri nabi Muhammad ﷺ), dan Asiyah (Istri Fir’aun)”

3.Nasab Sayyidah Khadijah Al Kubra adalah nasab yang terpelihara dari kaum Jahiliyah. Nasabnya bertemu nasab nabi sehingga bergelar As Sayyidah at Thahirah dan terkenal dengan gelar al-Kubra.

Baca juga Perempuan TANGGUH, Perempuan HEBAT

4.Sayyidah Khadijah Al Kubra Selalu menyenangkan dan menghibur ketika nabi diganggu orang kafir serta tidak menyakiti hati nabi Muhammad ﷺ selama 24 tahun hidup berkeluarga dengan beliau.

5.Nabi Muhammad ﷺ sering menyebut nama Sayyidah Khadijah. Dalam banyak kesempatan, nabi sering menceritakan kepada para sahabat tentang ketulusan dan kebaikan Sayyidah Khadijah.

Salam dari Allah SWT untuk Sayyidah Khadijah

6.Sayyidah Khadijah Al Kubra mendapatkan salam langsung dari Allah SWT dan malaikat Jibril. Kisah ini terjadi tatkala Sayyidah Khadijah mengirimkan makanan untuk nabi Muhammad ﷺ yang sedang ber-tahannuts (menyendiri) di gua Hira.

Saat Sayyidah Khadijah hendak sampai di gua Hira’, malaikat Jibril menyampaikan kepada nabi ﷺ. “Wahai Muhammad, Khadijah mendatangimu, sampaikan salam dari Rabbmu dan dariku untuknya.” kata malaikat JIbril.

7.Khadijah mendapat jaminan surga dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana salah satu hadits  riwayat Imam Muslim dalam kitab shahihnya,

عَنْ إِسْمَاعِيلَ قَالَ قُلْتُ لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِى أَوْفَى أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بَشَّرَ خَدِيجَةَ بِبَيْتٍ فِى الْجَنَّةِ قَالَ نَعَمْ بَشَّرَهَا بِبَيْتٍ فِى الْجَنَّةِ مِنْ قَصَبٍ لاَ صَخَبَ فِيهِ وَلاَ نَصَبَ.

Dari Ismail, ia berkata, aku bertanya kepada Abdullah Ibnu Abi Aufa “ Apakah Rasulullah ﷺ telah memberi berita gembira kepada Khadijah berupa surga?,”

Jawab Abdullah Ibnu Aufa “Ya, benar, Rasulullah ﷺ telah mengabarkan kepada Khadijah bahwa ia telah dibangunkan sebuah istana di surga yang terbuat dari qashab (Zabarjad dan Yaqut), tidak ada kebisingan dan kepayahan didalamnya.

Keistimewaan Sayyidah Khadijah Al Kubra . sang Ummul Mu’minin, dalam berkorban untuk mendukung dakwah nabi Muhammad ﷺ. Juga dalam penyebaran Islam yang membuahkan hasil yang luar biasa dan manfaaatnya bisa kita rasakan hingga saat ini.

Sayyidah Khadijah Al Kubra dengan keistimewaannya patut untuk menjadi inspirasi dalam kehidupan sehari-hari dan mensyiarkan Islam. Dan tentu semoga syafaat dan fadhilahnya senantiasa menaungi kita semua; para perempuan muslimah dan kaum muslimin pada umjumnya.

Baca juga Haul Sayyidah Khadijah Al Kubro 11 Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button