Catatan Redaksi

Redaksi Dan Kontributor Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online

Redaksi Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online beserta jajaran kontributor di bawah naungan NUCOM; memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mengembangkan website. Sudah lama rencana tentang penetapan tim redaksi, namun karena beberapa pertimbangan, baru ada penetapan beberapa waktu yang lalu.

Jajaran Redaksi Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online menjadi bagian tak terpisahkan dari NU Cilacap Official Media (NUCOM). Tim NUCOM sendiri penetapannya berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap. Sementara itu, jajaran Kontributor Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online sejatinya menjadi bagian yang tak terpisahkan di dalamnya.

Tim NUCOM, Redaksi dan Kontributor

Di satu sisi, NUCOM secara teamwork adalah komposisi resmi yang langsung menjadi “corong media” organisasi. Mereka bertanggungjawab kepada PCNU Cilacap secara kelembagaan. Apa yang menjadi pertanggungjawaban nya? Ya, tentu berkaitan dengan sepak terjang kreasi dan pemanfaatan media untuk keperluan pengembangan organisasi.

Di sisi lain (yang saling berkaitan), para Kontributor Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online tersebar di beberapa daerah, yaitu kecamatan atau tingkat MWCNU. Juga, ada di wilayah-wilayah khusus sesuai kebutuhan, seperti di Badan Otonom NU atau di jaringan Media NUCOM (dalam pengembangan).

Secara khusus, Kontributor Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online  di tingkat daerah adalah representasi dari Tim Media tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU). Jaringan ini mengutamakan alur struktural organisasi sekaligus memperkuat misi pengemangan media yang lebih luas jangkauannya. Jadi, keberadaan tim NUCOM, redaksi dan kontributor adalah merupakan satu kesatuan yang saling mengisi, memengaruhi dan menguatkan.

Penguatan Internal, Berbagi Peran

Sementara itu, layak disampaikan, tim NUCOM secara teamwork berusaha memperkuat di wilayah internal; dan telah menempuh waktu yang cukup lama. Selain penguatan sumber daya manusia (SDM), juga terutama ketersediaan dan pengembangan akun-akun media sosial; dari pengenalan hingga mendapatkan respon yang cukup baik.

Penguatan tersebut terutama dalam hal menyiapkan perangkat pendukung media. Antara lain; memastikan eksistensi website organisasi NU ini, menguatkan akun media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram hingga Twitter NU Cilacap Online.

Antara website, situs, atau portal media organisasi Islam Aswaja dengan akun media sosial memiliki muara yang sama; yaitu publisitas organisasi dalam hal berita dan informasi program kegiatan. Namun sebenarnya tidak sebatas itu. Karena platform Official Media NUCOM Cilacap memang harus berjejaring antara situs dengan media sosialnya; dan hal itu tidak bisa menghindarkan diri dari plaform umum Jurnalisme dan berita berbasis Digital.

Seiring penguatan internal, pembagian peran antar personil redaksi mutlak diperlukan. Butuh kecakapan-kecakapan khusus dalam mengelola media. Modal “Like” saja rasanya tidaklah cukup. Keuletan, ketelatenan berjalan seiring dengan komitmen, integritas dan loyalitas. Membangun semuanya itu dalam waktu yang sama dan dengan personil yang terbatas, sudah dan terus ditempuh.

Kontributor sebagai Penentu

Di wilayah yang sangat praktis dan taktis, peran para kontributor adalah sebagai penentu keberlangsungan media, lebih khusus website ini. Dari mereka, konten website bisa terisi secara berkesinambungan. Kami layak bersyukur atas ketersedian para kontributor yang telah bergabung; juga telah menunjukkan komitmennya dengan mengirimkan tulisan-tulisan berita dan informasi.

Dari mereka, kami belajar banyak hal; kemauan, komitmen, integritas, loyalitas sekaligus khidmat. Kepada mereka juga Kami merangkul, untuk tetap dalam satu barisan; menguatkan media NU. Dan Kami yakini kapasitas serta kapabilitas akan tumbuh bersama dalam barisan yang saling menguatkan.

Seorang Kontributor tidak hanya menulis, tapi dokumentator, mendokumentasikan. Kontributor juga adalah “pekerja lapangan” memburu informasi. Di pundaknya, banyak tanggungjawab, selain moral juga tanggungjawab ilmiah. Menulis adalah satu hal; dan komitmen adalah hal terkait. Keduanya berjalan berkelindan untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat untuk organisasi dan masyarakat pembaca.

Selamat Berkhidmat dan Berkarya.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 × four =

Back to top button