Ranting NU

Ranting NU adalah struktur organisasi Islam Aswaja Nahdlatul Ulama / NU, dibentuk di tingkat Desa atau Kelurahan. Struktur Organisasi Pengurus Ranting, membawahi beberapa pengurus Anak Ranting Nahdlatul Ulama.

Pengurus Ranting NU memiliki tugas dan peran mengembangkan dan melesatrikan ajaran Islam Aswaja (Ahlussunah Wal Jamaah), melaksanakan program, kegiatan yang sejalan dengan visi, misi dan garis-garis peraturan organisasi NU.

Kedudukan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama sangat strategis untuk beberapa kebutuhan organisasi NU. Di antaranya;

  1. penguatan jamaah atau warga NU. Organisasi NU memiliki kekuatan warga yang jumlahnya sangat banyak, dan mereka berkumpul di desa-desa. Dengan pengorganisasian yang rutin dan berkualitas, keberadaan warga NU akan semakin kuat.
  2. penguatan keanggotaan organisasi NU. Ranting NU menjadi pintu masuk perekrutan dan penerimaan keanggotaan. Karena itu, keanggotaan NU utamanya adalah mutlak milik pengurus ranting. Seseorang yang hendak menjadi anggota NU, harus sepengetahuan pengurus Ranting NU
  3. penguatan jamiyyah atau organisasi NU itu sendiri. Kekuatan organisasi NU yang bisa diandalkan berada di desa-desa. Dari sana bisa dilaksanakan proses pengkaderan, penguatan majelis-majelis keagamaan Islam Aswaja yang tersebar di sudut-sudut pedesaan; pengamanan aset organisasi; menjadi tempat pusat-pusat kegiatan organisasi dan banyak kebutuhan lain yang berangkat dari Ranting NU.

Struktur Organisasi Pengurus Ranting adalah garda terdepan kemajuan organisasi NU. Dengan kekuatan yang ada, pengurus Ranting menjadi tulang punggung sekaligus tolak ukur kekuatan dan keberhasilan organisasi NU. Kekuatan Organisasi Ranting NU di Desa didukung oleh Badan Otonom NU

Ada 284 Ranting di wilayah PCNU Cilacap. Nama-nama Ranting NU Se Kabupaten Cilacap bisa dilihat di sini >  Pengurus Ranting NU di Kabupaten Cilacap. Website NU Cilacap Online menyajikan berita, kegiatan, program, profil pengurus, laporan, fungsi, peran organisasi Ranting NU.

Back to top button