Petunjuk Teknis Penyelenggaraan MATSAMA 2023/2024

NU CILACAP ONLINE – Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) menjadi agenda penting di awal tahun pelajaran baru, untuk ini diperlukan petunjuk teknis (juknis) penyelenggaraan MATSAMA 2023/2024 yang bisa dibreakdown bersama.

Setiap tahun ajaran baru pada semua jenjang di lingkungan madrasah selalu diawali dengan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah  (MATSAMA).

Seluruh siswa-siswi madrasah dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA) mengikuti masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah tersebut.

Melalui Kegiatan ini, para siswa-siswi baru akan dikenalkan dengan sistem pembelajaran, ciri khas (keunikan dan keunggulan), karakter dan budaya, yang ada di lingkungan madrasah termasuk guru dan tenaga kependidikannya.

Selain itu, tujuan kegiatan MATSAMA untuk mengenalkan prinsip yang akan menjadi pedoman warga madrasah. Tujuannya untuk menciptakan budaya akademik yang kondusif dan sarat dengan nilai akhlakul karimah. Karena itulah, juknis penyelenggaraan kegiatan MATSAMA ini turut menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di Madrasah pada tahap selanjutnya.

Untuk itu rangkaian petunjuk teknis penyelenggaraan MATSAMA harus bersifat edukatif dan inspiratif, serta berorientasi ke arah penguatan kreativitas dan inovasi para siswa-siswi madrasah. Sehingga dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan MATSAMA harus mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para peserta didik.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam pedoman penyelenggaraan pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Baca juga MATSAMA dan MAKESTA PK MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi 2022

Tujuan Matsama

Adapun tujuan Matsama yang pertama mengenalkan kepada peserta didik baru terkait lingkungan belajar yang baru mengenali keadaan diri, dan sosialnya. Hal ini dimaksuud agar memiliki kesiapan mental dan dapat mudah menyesuaikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.

Kedua menumbuhkan kebanggaan kepada para siswa-siswi baru terhadap madrasah, memahami nilai-nilai madrasah, mencintai dan menjaga nama baik almaternya.

Ketiga mengenalkan nilai-nilai moderasi beragama, menumbuhkan budaya dan jiwa inklusif tidak eksklusif, ramah, anti kekerasan dan bullying, anti pelecehan seksual, dan menghargai harkat-martabat kemanusiaan.

Keempat mengenalkan pola kebiasaan hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah. Lebih lanjut menumbuhkan sikap disiplin dan tanggungjawab, serta mental mandiri berprestasi.

Baca juga  Buku Pedoman Kaderisasi IPNU | Download File .pdf

Materi Matsama 2023/2024

Untuk mencapai tujuan kegiatan yang tersebut di atas, maka materi yang wajib disampaikan kepada siswa baru meliputi; Kemadrasahan, Moderasi Beragama, Nilai-nilai Madrasah, dan Budaya dan Kebiasaaan Kehidupan di Madrasah.

  1. Kemadrasahan atau pengenalan lingkungan dan budaya madrasah antara lain.
  1. Profil singkat madrasah (visi-misi dan keunggulan madrasah).
  2. Fasilitas dan infrastuktur pendukung pembelajaran.
  3. Tata tertib, nilai dan norma yang berlaku.
  4. Sistem pembelajaran dan cara menyiapkan diri belajar secara efektif.
  5. Perkenalan guru dan tenaga kependidikan, serta.
  6. Kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan.

2. Moderasi beragama, yaitu mengenalkan cara mengamalkan ajaran agama dalam konteks kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara yang harmoni dengan tetap menjaga;

  1. Komitmen kebangsaan (Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan UUD 1945).
  2. Toleransi dengan menerima perbedaan dan menghargai kepada pihak yang berbeda
  3. Anti kekerasan dalam memperjuangkan kebenaran dan keyakinan, dan
  4. Akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal

3. Nilai-nilai madrasah

  1. Orientasi ibadah dalam proses belajar mengajar
  2. Tata krama/berakhlak dalam pergaulan dan ber-media sosial
  3. Pengenalan bentuk-bentuk kekerasan fisik, psikis, penelantaran, pelecehan seksual, korban narkoba, dan kebiasaan merokok, dan
  4. Pengenalan bagaimana pencegahan dan penanganan terhadap tindakan kekerasan fisik, psikis, penelantaran, pelecehan seksual, narkoba, dan merokok.

4. Budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah

    1. Pola hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah
    2. Pembentukan sikap disiplin dan tanggungjawab
    3. Pengembangan mental mandiri dan berprestasi.

Baca selengkapnya Petunjuk Teknis Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 >> di sini 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button