Daerah

Peringatan Hari Amal Bhakti Ke 76 Patimuan, Apa Saja Kegiatannya?

Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 tingkat Kecamatan Patimuan digelar di halaman Madrasah Ibtidaiyah Al Maarif Patimuan. Puluhan guru mengikuti jalannya upacara yang telah disusun dengan berbagai agenda acara.

Kegiatan upacara dimulai pukul 08.15 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat. Juga prinsip-prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan.

Adapun peserta upacara yaitu Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Patimuan, Kepala Madrasah beserta dewan guru dari lembaga pendidikan dibawah naungan Kemenag, mulai dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se Kecamatan Patimuan.

Hari Amal Bhakti Patimuan Cilacap

Pidato Menag RI Ungkap Banyak Prestasi

Selepas pengibaran bendera sebagai pokok utama upacara, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Patimuan; Darto S.Sy. menyampaikan pidato Menteri Agama RI; Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut).

Artikel Terkait

Dalam pidatonya ia berbicara tentang peranan penting Kementerian Agama sebagai salah satu instansi pemerintah; terutama dalam hal meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Kementerian Agama juga sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama yang memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya dengan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya,” katanya.

Hal ini dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

“Sebab itu Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020,” lanjutnya.

Hari Amal Bhakti Patimuan

Transformasi Layanan Umat

Menag RI dalam teks pidatonya juga mengungkap bahwa capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016. Alhasil Presiden Joko Widodo juga mengabulkan permohonan tersebut dengan diberikannya Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang; 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kemenag pada HAB ke-76 tahun ini.

Sebagai wujud syukur, kegiatan tersebut diakhiri dengan doa bersama dan potong tumpeng. Harapan kedepannya Kementerian Agama terus berbenah dengan mengedepankan Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan. Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama sendiri menggunakan tagline “Transformasi Layanan Umat”.

Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Juga peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Upacara Hari Amal Bhakti digelar dalam rangka merayakan hari ulang tahun Kementerian Agama atau Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag yang berdiri pada 3 Januari 1946. Hal ini berdasar pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Nomor 31 Tahun 2021 Tentang Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-76 Kementerian Agama RI Tahun 2022 dengan mengusung tema Transformasi Layanan Umat.

Penulis: Fauzan Ramadhan
Editor: Naeli Rokhmah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × 1 =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button