Ranting NU

Pengurus Anak Ranting NU Cilumuh Barat Cilopadang Dilantik

Pengurus Ranting Nahdaltul Ulama Cilopadang Kecamatan Majenang kembali melantik Pengurus Anak Ranting Nahdlatul Ulama (NU), kali ini giliran Pengurus Anak Ranting NU Cilumuh Barat Masa Khidmat 2022-2027, bertempat di Masjid Baitusallam Cilumuh Barat, Sabtu (12/03). Sebelumnya Pengurus Ranting NU Cilopadang juga telah melantik Pengurus Anak Ranting NU Cilumuh Timur.

Hadir dalam acara sejumlah tokoh di antaranya Pengurus MWCNU Majenang, KH Drs Suratman, M.Ag., Ali Mansur, M.Pd.I, dan Badrus Soleh, S.Pd,I., Pengurus Ranting NU Cilopadang, Kiai Solikhun, S.Pd.I, Kiai Jamaludin Ali, dan Imron Yunaedi, serta para tokoh pemuka agama Kiai Khatim Murtadlo dan Habib Faruq bin Alwi Al Athos, serta sejumlah aktifis NU dari sejumlah Lembaga dan Badan Otonom NU.

Acara pelantikan berlangsung dalam rangkaian acara Lailatul Ijtima yang merupakan acara rutinan Ranting NU Cilopadang. Acara dimulai dengan membaca Manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jaelani yang dipimpin oleh Kiai Khotim Murtadlo dan pembacaan Shalawat Simtuduror oleh Habib Faruq bin Alwi Al Athos dari Majenang.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan MWCNU Majenang Nomor : 016/MWC/A.II/H.34.21/III/2022 tanggal 11 Maret 2022 tentang Pengesahan Pengurus Anak Ranting Cilumuh Barat Masa Khidmat 2022-2027 oleh Wakil Sekretaris MWCNU Majenang, Badrus Soleh.

Selanjutnya, para terlantik menempatkan diri dilakukan pembacaan sumpah/ikrar Pengurus Anak Ranting NU Cilumuh Barat oleh Wakil Ketua MWCNU Majenang, KH. Drs. Suratman, M.Ag.

Pembacaan ikrar berlangsung dengan penuh hidmaht serta diucapkan dengan lantang oleh para terlantik dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh perwakilan terlantik, KH Sumarno, dua orang saksi masing-masing Kiai Jamaludin Ali dan Kiai Ali Mansur serta yang melantik KH Drs Suratman.

Pengurus Anak Ranting NU Cilumuh Barat Cilopadang

Susunan Pengurus

Pengurus Anak Ranting NU Cilumuh Barat Masa Khidmat 2022-2027 yang telah resmi dikukuhkan terdiri dari; jajaran Syuriyah; KH. Sumarno (Rais),  dan 5 orang Wakil Rais  masing-masing Kiai Syarifudin, Kiai Ahmad Sobirin, Kiai Sa’roni dan S.Rotin, Khatib, Kiai Nasihudin, S.Ag.,  Wakil Khatib, Kiai Sudirman.

Sementara itu, dari Jajaran Tanfidziyah, Kiai Rahmat Ma’sum (Ketua) dan 5 orang Wakil Ketua terdiri dari; Kiai Muttaqin, Ahmad Subkhi, S.Pd.I, Fahrurrozi, Muhammad Sobir, Kiai Ahmad Bajuri, Sekretaris, Hasan Mufid, S.Pd.I, Wakil Sekretaris, Hasan Basri, S.Pd.; Bendahara, Ageng Abadi, Wakil Bendahara, Pino dan Wahyudi, S.Pd.

Setelah prosesi pelantikan selesai dilanjutkan dengan khutbah pelantikan oleh Wakil Ketua MWCNU Majenang, KH Drs. Suratman M.Ag yang menyampaikan beberapa amanat kepada Pengurus Anak Ranting NU Cilamuh Barat yang telah resmi dilantik,

“Tugas untuk mengurus NU walaupun di tingkat Anak Ranting adalah tugas yang mulia dan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh; Insyaallah jika semua dilakukan dengan ikhlas akan bernilai pahala,” ungkapnya.

Selain itu hendaknya pengurus NU disemua tingkatan harus menjadi teladan serta penggerak organisasi; agar seluruh potensi yang ada dapat bersinergi dengan baik dan ujungnya membawa kemanfatan bagi masyarakat,

“Mari kita tanamkan paradigma bahwa pengurus adalah insan yang terpilih, maka harus menjadi teladan yang baik!,” serunya.

Ketua Ranting NU Cilopadang Kiai Jamaludin Ali menyampaikan pihaknya memiliki program prioritas untuk mengaktifkan dan membentuk secara resmi Pengurus Anak Ranting NU di tiap dusun sebagai upaya untuk menghidupkan organisasi NU dari tingkatan paling bawah dalam organisasi, sehingga dapat bersinergi dengan program-program NU dari semua tingkatan.

“Dengan adalnya Pengurus Anak Ranting Nahdlatul Ulama (PARNU) yang aktif diharapkan semua program baik dari Ranting, MWCNU, maupun PCNU dapat berjalan dengan maksimal,” terangnya.

Anak Ranting NU Cilumuh Timur

Sementara itu Sekretaris Ranting NU Cilopadang, Imron Yunaedi menyampaikan sebelum pelantikan Pengurus Anak Ranting NU Cilumuh Barat; juga telah dilakukan Pelantikan PAR Cilumuh Timur pada tanggal 5 Februari 2022 bertempat di Mushola Al Makmur Blok Satiran Dusun Cilumuh Timur.

Adapun susuna Pengurus Anak Ranting NU Cilumuh Timur Sesuai dengan Surat keputrusan MWCNU Majenang Nomor 014/MWC/A.II/H.34.21/III/2022  Tanggal 4 Februari 2022  tentang Pengurus Anak Ranting NU Cilumuh Timur Masa Khidmad 2022-2022 terdiri dari jajaran Syuriyah dan Tanfidziyah.

Di jajaran Syuriyah Kiai Mahmudin (Rais), Wakil Rais, KH. Chafidz Fauzi, dan Kiai Imam Zarkoni, Katib Syuriyah KH Mukhlisin Alwusto dan Wakil Katib Kiai Ali Muhammad Sumbudi. Sedangkan di jajaran Tanfidziyah, ada Kiai Samingun (Ketua) dan para Wakil Ketua masing-masing  Kiai Ahmad Muhdlori, Kiai Kasiran dan Kiai Alfu Syarif. Haris (Sekretaris), Wakil Sekretaris Sudi Hartono, SE,, sedangkan Bendahara dijabat oleh Rafik Anwar, dibantu Sugeng Riyadi (Wakil Bendahara).

“Semoga semua pengurus yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggungjawab,” pungkasnya.

Setelah pelantikan 2 Anak Ranting NU pihaknya akan kembali membentuk dua Anak Ranting NU yang tersisa yakni; di Dusun Benda dan Cipabeasan Desa Cilopadang Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap.

Baca Juga >> Pengurus Anak Ranting (PAR) Nahdlatul Ulama (NU) – PARNU

Kontributor: Badrus Soleh
Editor: Munawar AM

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button