PAC IPNU IPPNU Binangun Gelar Seminar Aktualisasi Diri

NU CILACAP ONLINE –  Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PAC IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PAC IPPNU) Kecamatan Binangun menggelar seminar nasional dengan tema “Aktualisasi Diri” di Aula Balai Desa Widarapayung Wetan Kecamatan Binangun, Ahad (26/2/2023).

Kegiatan Seminar Aktualisasi Diri digelar dalam rangka memperingati Harlah ke-69 IPNU dan Harlah ke-68 IPPNU. Peserta seminar sebanyak 48 orang yang merupakan perwakilan dari tiap Ranting IPNU IPPNU yang ada di Kecamatan Binangun.

Seminar Aktualisasi Diri dihadiri oleh ketua MWCNU Binangun, ketua Fatayat NU Binangun, ketua Ansor Binangun dan Kepala Desa Widarapayung Wetan.

Dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara Ketua MWCNU Binangun kiai Slamet Anhari, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta seminar yang telah meluangkan waktu untuk menimba ilmu, diharapkan peserta nantinya bisa mengamalkan ilmunya untuk diri sendiri dan orang lain.

“Peserta seminar setelah menerima materi diharapkan bisa lebih berani, lebih kreatif dan lebih mencintai dirinya sendiri”, tegas kiai Slamet saat di hubungi NU Cilacap Online di lokasi seminar.

Kegiatan seminar PAC IPNU IPPNU Binangun ini menghadirkan narasumber Rahmat Subur Santoso, seorang kader IPNU yang berprestasi dan merupakan juara 2 Duta Genre tahun 2021 Kabupaten Cilacap yang bertempat tinggal di Desa Bangkal Kecamatan Binangun.

Baca juga Alvian Dan Raras; Pimpin IPNU IPPNU Karangpucung 2023-2025

Aktualisasi Diri Kader IPNU

Dalam ulasannya Rahmat menjelaskan aktualisasi diri merupakan suatu proses menjadi diri sendiri dengan mengembangkan sifat-sifat serta potensi individu sesuai dengan keunikannya masing-masing untuk menjadi pribadi yang mudah bersyukur.

Untuk lebih memantapkan seluruh peserta Rahmat memberikan beberapa contoh aktualisasi diri di antaranya ;
– Termotivasi untuk melakukan yang terbaik serta juga harus memperbaiki diri
– Melakukan hal yang baru dan bermanfaat
– Menggali terus kemampuan yang terpendam
– Menjalani kegiatan atau aktifitas ekstrakurikuler
– Mengikuti kegiatan atau aktifitas cerdas cermat
– Mengikuti kegiatan atau aktifitas lomba antar masyarakat
– Bekerja dengan mengembangkan bakat

Jangan Takut Dikritik

Sementara itu ketua panitia penyelenggara sekaligus ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama (IPNU) Fakhrona Amirul Latief mengatakan, seminar Aktualisasi Diri diadakan karena selama ini setiap pengurus maupun anggota masih takut dan belum berani untuk menunjukan siapa dirinya, karena takut akan kritik dari orang lain.

Jadi diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini seluruh peserta dari PAC IPNU IPPNU Binangun akan tahu caranya memanfaatkan kemampuan yang ada dalam dirinya. Juga bisa mengambil langkah dan impiannya.

“Cobalah untuk menjadi diri sendiri, yang sesuai dengan tuntutan dan kata hati sendiri, tanpa mencemaskan pendapat atau kritik dari orang lain, serta pelajari berbagai pengalaman untuk memperbaiki diri,” imbuh Fakhrona.

Kontributor : Arina Nurul Istiqomah
Editor: Khayaturrohman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button