Badan Otonom NU

PAC GP Ansor Cimanggu Tarhim Selama Ramadhan 1442

Kader Gerakan Pemuda Ansor Cimanggu harus dekat dengan masyarakat karena ini bagian dari strategi keberhasilan gerakan berkhidmat, tarhim atau Tarawih Silaturrahim ditempuh dalam rangka penguatan pengkhidmatan selama bulan Ramadhan 1442 H.

Demikian disampaikan Doddy Afandi Firdaus, M.Si., Ketua PAC GP Ansor Cimanggu kepada NU Cilacap Online di sela pelaksanaan Tarhim di Masjid Nurul Huda Penyingkiran, Desa Rejodadi, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Senin, 19 April 2021.

Dalam sambutannya, Ketua PAC GP Ansor Cimanggu Masa Khidmat 2021-2023 tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas diterimannya PAC GP Ansor Cimanggu dalam kegiatan tarhim (tarawih dan silaturrahim) di Masjid Nurul Huda Penyingkiran Rejodadi.

Baca Juga :

Doddy juga menyinggung peran pemuda sambil mengutip ungkapan populer Presiden RI ke-1 Ir. Soekarno

“Presiden Soekarno pernah menyatakan, beri aku 10 pemuda akan kuguncang dunia”, ungkap Doddy semangat

Menurut Doddy, penggalan kalimat itu menandakan peran pemuda sangat penting, maka dari itu sebagai pemuda harus bisa aktif jangan hanya kerjanya rebahan, berikan bukti pada dunia bahwa kita bisa merubah dunia dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

“Dalam hal merubah dunia bisa dimulai dari hal-hal seperti Ikut gabung berorganisasi dengan organisasi yang jelas, bermanfaat dan sudah banyak bukti seperti GP Ansor, jangan malah masuk organisasi terlarang yang tujuannya merusak NKRI.,” tegas Doddy.

Pemuda Ansor Cimanggu Tarhim Tarawih Silaturrahim
Peserta Tarhim Tarawih Silaturrahim PAC Gerakan Pemuda Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna Cimanggu berpose bersama usai pelaksanaan Tarhim

Gerakan Pemuda Ansor adalah sebuah organisasi kemasyarakatan pemuda di Indonesia, organisasi Badan Otonom Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi ini didirikan pada tanggal 24 April 1934. GP Ansor juga mengelola Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Doddy meyakinkan kepada peserta Tarhim, bahwa Gerakan Pemuda Ansor merupakan organisasi kepemudaan Nahdlatul Ulama’ yang menjunjung tinggi dan membela Negara Indonesia yang sah berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang 1945.

“Gerakan Pemuda Ansor ini senantiasa mengembangkan paham Aswaja, Islam Ahlussunnah wal jama’ah, yang sangat mengedepankan prinsip toleransi, keseimbangan, jalan tengah dan prinsip keadilan. Sifat keagamaan, kepemudaan, kemasyarakatan, nasionalis, demokratis serta kebangsaan juga menjadi ciri Gerakan Pemuda Ansor yang berwatak kerakyatan menjunjung tinggi ajaran-ajaran Islam serta merupakan organisasi kader Nahdlatul Ulama yang terpercaya,” tandas Doddy

Baca Juga : Tasawuf Imam Al Junaidi Al Baghdadi Dan Aswaja

Selain itu, GP Ansor, sebagaimana Ansor Cimanggu, berfungsi sebagai wadah aspirasi masyarakat yang membentuk dan mengembangkan generasi muda Indonesia.

“GP Ansor memikiliki komitmen memebentuk kader bangsa yang tangguh, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. GP Ansor juga berkepribadian luhur, berakhlak mulia, sehat, terampil, patriotik, ikhlas dan beramal salih,” kata Doddy.

PAC GP Ansor Cimanggu Tarhim Selama Ramadhan 1442 secara bergilir di desa Rejodadi, Cijati, Cibalung, Cisalak dan Negarajati. Selain Tarhim, PAC GP Ansor Cimanggu juga melaksanakan ziarah ke makam KH Masduki, KH Bahrudin, Sahabat Aris Rianto (Ketua PAC Ansor Cimanggu Masa Khidmat 2012-2017), KH Qosim Nur Aly dan KH Salman pada malam harlah Ansor ke 87.

Baca Juga : Cara Unik IPNU IPPNU Rejodadi Peringati Harlah NU

Acara Tarhim PAC GP Ansor Cimanggu di Rejodadi dibuka oleh Imam Masjid Nurul Huda Penyingkiran Kiai Nur Shodiq, Kiai muda NU Desa Rejodadi. Dalam sambutannya Kiai Nur Shodiq mengatakan sebuah kehormatan dan rasa bahagia atas kehadiran Pengurus PAC GP Ansor Cimanggu

“Silaturrahim merupakan hal yang sangat penting dan jadilah Pemuda yang aktif, kreatif dan inovatif karena NU yang akan datang ada ditangan para pengurus Ansor sekarang,” ungkapnya menaruh harapan besar kepada pengurus dan anggota Gerakan Pemuda Ansor Cimanggu yang hadir di acara tersebut.

Kontributor: Nurhidayat Bin H. Muhrodin (Alm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four × 4 =

Back to top button