Logo Muskercab Ke-3 NU Cilacap, Makna dan Filosofinya

NU CILACAP ONLINE – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap telah meluncurkan logo resmi Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) yang bakal digelar pada Sabtu 11 Sya’ban 1444 H, bertepatan pada tanggal 4 Maret 2023 mendatang di Komplek Gedung Sekretariat Bersama MWCNU Cimanggu.

Muskercab NU adalah Musyawarah Kerja Cabang Organisasi atau perkumpulan Nahdlatul Ulama di tingkat Kabupaten, Muskercab NU merupakan forum permusyawaratan tertinggi organisasi NU di tingkat Kabupaten/Kota.

Muskercab NU di tingkat Cabang tidak memilih pengurus, melainkan membahas dan menetapkan program dan kegaiatan-kegiatan dalam kurun waktu tertentu, serta melaksanakan evaluasi program dan kegiatan yang sudah terlaksana.

Baca juga Berhidmat Dengan Kerja Nyata, Muskercab I Tahun 2018 

Tema Muskercab ke-3

H Munawar AM mengutarakan makna tema dan filosofinya yang mengusung tema pada gelaran Muskercab tahun 2023 adalah ‘Khidmat Berkelanjutan; Terkoneksi, Kolaborasi dan Terintegrasi’.

“Tema tersebut disepakati dalam Musyawarah bersama Syuriyah dan Tanfidziyah PCNU Cilacap yang memiliki makna komitmen PCNU Cilacap dalam khidmat di abad kedua Nahdlatul Ulama (NU) secara Terkoneksi, Kolaborasi dan Terintegrasi,” ungkap Wakil Sekretaris PCNU Cilacap itu.

Baca juga Logo Harlah Ke-89 GP Ansor Dalam Tampilan Video

Wahidin, Tim Media NU Cilacap Official Media (NUCOM) yang diamanahkan untuk membuat logo Muskercab ketiga PCNU Cilacap menjelaskan bahwa keseluruhan logo menunjukkan konsistensi PCNU Cilacap yang berkewajiban melaksanakan Muskercab tiga kali dalam satu masa khidmat.

 

Konsep dan Filosofi Logo

  1. Angka 1 dalam bahasa arab yang memiliki filosofi bahwa khidmat PCNU Cilacap di abad ke 1 (satu) Nahdlatul Ulama (NU) telah menjadi bagian dari proses khidmat berkelanjutan.
  2. Angka 2 dalam bahasa arab yang memiliki filosofi bahwa khidmat berkelanjutan PCNU Cilacap dalam memasuki abad ke-2 (dua) Nahdlatul Ulama (NU). Baca: Makna Logo NU
  3. Angka 3 dalam bahasa arab yang memiliki filosofi bahwa PCNU Cilacap perlu menempuh strategi dalam khidmat jam’iyah yang Terkoneksi, Kolaborasi dan Terintegrasi.
  4. Daun hijau yang memiliki filosofi bahwa Kecamatan Cimanggu menjadi tempat pelaksanaan Muskercab yang merupakan daerah dengan penuh kesuburan.
  5. Angka 3 dalam bahasa indonesia yang memiliki filosofi bahwa Muskercab PCNU Cilacap merupakan Musyawarah Kerja Cabang yang ke-3 (tiga) dalam masa khidmat 2018-2023.

Baca juga

Filosofi Warna Logo

  1. Warna Hijau mencerminkan Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap telah tumbuh tegak menjulang dan kokoh dalam mengarungi satu abad NU.
  2. Warna Merah mencerminkan Nahdlatul Ulama Cilacap memasuki abad kedua dengan penuh semangat khidmah yang tinggi.
  3. Warna Emas mencerminkan Nahdlatul Ulama Cilacap memasuki abad kedua dalam menuju kedigdayaan jamiyyah, kebangkitan ke dua untuk kejayaan peradaban dunia.

Muskercab Ke-3 PCNU Cilacap tahun 2023 akan dilaksanakan. Sebelumnya Muskercab ke-2 tahun 2021 dan Muskercab ke-1 pada tahun 2018 juga sudah terlaksana sebagai mandat organisasi. Dan Muskercab merupakan salah satu rangkaian pra Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap yang rencananya akan digelar pada bulan Juli 2023 M. (Achmad Nur Wahidin)

Klik << DOWNLOAD LOGO MUSKERCAB-3 NU CILACAP >>

Klik << TWIBBONIZE MUSKERCAB-3 NU CILACAP >>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button