NU Peduli Cilacap Gelar Pengobatan Gratis Untuk Korban Banjir Sikampuh

pcnucilacap.com – Bertempat di balai Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap  Tim NU Peduli Cilacap yang terdiri dari Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama ( LKNU ) dan NU CARE LAZISNU Cilacap  gelar kegiatan pengobatan gratis, pada hari Sabtu (21/11/2020).

Kegiatan dimulai sejak  pukul 09.00 WIB. Masyarakat pun  berbondong-bondong datang ke lokasi untuk pengobatan gratis dengan antusias.

Tim NU Peduli berikan layanan pengobatan gratis untuk korban banjir

Kepala Desa Sikampuh, Misno yang juga anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) sangat berterimakasih kepada NU Peduli atas program pengobatan gratis tersebut.

“Adanya kegiatan semacam ini di Sikampuh, kami dari pemerintah desa (pemdes) Sikampuh mengucapkan terimakasih atas adanya pengobatan gratis ini.” Ucapnya.

Ia juga mengatakan,  kegiatan semacam ini menunjukan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) ada untuk masyarakat.

“Dengan ini kedepannya, kami juga akan selalu bersinergi dengan NU”, kata Misno.

“Terimakasih kepada  LKNU dan LAZISNU sebagai pelaksana dari tim NU Peduli.” lanjut Misno.

Senada dengan apa yang dikatakan Kades Sikampuh, Ketua MWCNU  Kroya, Fathuddin mengatakan, dari berbagai lembaga yang dinaungi oleh NU, kegiatan  ini  ini membuktikan bahwa NU hadir dan ada untuk masyarakat.

“NU ini tidak hanya Tahlil, namun juga hadir untuk masyarakat, seperti kegiatan sosial dan ekonomi, ini sangat membantu sekali”, ucapnya.

Siti Rokhyati (64)  warga terdampak banjir Sikampuh mengaku  dirinya mengikuti pengobatan gratis. Ia  di cek tensi darahnya di tangan dan juga diberikan obat.

“Saya senang tahu adanya pengobatan gratis di balai desa, dan berterimakasih sudah diberi obat”, katanya.

Dikonfirmasi oleh tim panitia yang bertugas,  Sebanyak 121 orang tercatat telah melakukan pendaftaran.

“Yang ditargetkan adalah 100 orang, namun ini justru melibihi target, Alhamdulillah antusias masyrakat untuk memeriksa kesehatan cukup banyak.” Ujar  Basith Wahib, S.Kep., Ns. dari LKNU Cilacap.

Pengobatan  gratis di Sikampuh  ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan oleh NU Peduli  Cilacap sejak banjir melanda 11 kecamatan di kabupaten Cilacap Selasa 17/11/20 lalu.

Sebelumnya,  Jumat 20/11/20 lalu tim NU Peduli telah memberikan layanan gratis untuk korban banjir di kecamatan Bantarsari dan Majenang. Layanan pengobatan  dilaksanakan di tiga titik, yakni desa Cikedondong yang bertempat  di posko kesehatan NU Peduli Cikedondong, balai desa Bantarsari, dan dusun Meros Desa Pahonjean kecamatan Majenang. Kegiatan dilaksanakan atas unsur NU Care Lazisnu Cilacap. LKNU, dan klinik Amanu Majenang.

Banjir yang  telah melanda sejak 5 hari lalu telah mengakobatkan   korban   terserang berbagai penyakit dari mulai flu, demam, diare, sampai gatal-gatal. Ahmad Fauzi, koordinator donasi TIM NU Peduli sekaligus divisi program NU Care LAZISNU Cilacap  mengatakan bahwa pihaknya banyak mendapatkan laporan dari tim relawan di lapangan  tentang permintaan obat-obatan.

“Warga terdampak banjir banyak keluhkan penyakit seperti  demam, flu, diare dan gatal-gatal”, katanya. “Mereka saat ini sangat membutuhkan pasokan obat-obatan seperti obat  penurun panas, salep kulit, balsam dan lain-lain”, pungkasnya.

Kontributor : MH Bahtiar

Editor : Naeli Rokhmah

About Naeli Rokhmah

Editor Situs Islam Aswaja. Menulis dan berkarya. Berkhidmah tak terlekang ruang dan waktu. menghadirkan aktivitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap --juga Organisasi di tingkat bawahnya, termasuk Lembaga dan Badan Otonom NU-- secara Online. Salam Perjuangan untuk Pengkhidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya. Dan silahkan datang kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve + 17 =