Catatan Redaksi

NU Organisasi Sosial Populer dan Layanan Yang Meningkat

Nahdlatul Ulama (NU) telah menjadi organisasi sosial kemasyarakatan populer yang bergerak di bidang keagamaan, pendidikan dan layanan sosial; demikianlah yang bisa terpotret dari NU Cilacap melalui NU Care LAZISNU dengan pelayanan yang semakin meningkat.

Selama ini masyarakat lebih mengenal NU sebagai organisasi keagamaan Islam atau jamiyyah diniyyah islamiyyah. Dan itu tidak keliru. Karena sebagian masyarakat memandang atau menerima manfaat dari keberadaan organisasi NU dari sisi keagamaan; terutama Islam Ahlussunnah Wal Jamaah dalam berbagai varian program dan kegiatannya. Oleh sebab itu, di masyarakat NU pun populer sebagai organisasi keagamaan.

Namun, NU sejatinya juga adalah organisasi sosial, organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang bergerak di bidang layanan sosial; atau jamiyyah ijtimaiyyah. Jati diri NU sebagai organisasi sosial selaras dengan tujuan NU, yang antara lain untuk terwujudnya tatanan masyarakat yang berkeadilan demi kemaslahatan, kesejahteraan umat. [Lihat Tujuan Organisasi NU]

Sisi jati diri organisasi sosial termaktub dalam tujuan sekaligus usaha di bidang sosial kemasyarakatan. Dimensi sosial tentu luas dan karenanya, ormas NU pun membidanginya dalam banyak aspek yang bersentuhan langsung dengan dimensi sosial. Dari sini sebagai organisasi sosial populer NU mengambil tempat dan peran.

Salah satu unsur dimensi sosial adalah interaksi dua arah yang saling memberikan manfaat. Dalam konteks NU, interaksi (dan juga relasi) tersebut mewujud dalam kebersediaan organisasi (dan ketersediaan tools, alat untuk) melayani proses interaksi dengan masyarakat.

Ambulance NU dan Layanan Sosial

NU Cilacap melalui NU Care LAZISNU dengan pelayanan Ambulance NU sebagai bentuk layanan sosial kini semakin meningkat. Dalam catatan akhir tahun 2021, jumlah penerima manfaat tidak kurang dari 1.543 orang pasien (sakit) dan 503 orang meninggal dunia (jenazah).

Bagi NU Care LAZISNU Cilacap, layanan sosial Ambulance termasuk jenis layanan yang populer bagi organisasi NU di level cabang. Praktik antar jemput pasien dalam kota dan luar kota meningkat seiring pertambahan mobil Ambulance.

Sementara itu, Ambulance khusus layanan jenazah dengan menjemput jenazah dari rumah sakit menuju rumah duku; atau dari rumah duka ke pemakaman; juga semakin populer dan terasakan manfaatnya oleh masyarakat. Beberapa kali bahkan mengalami “antrian” dalam layanan pengantaran jenazah.

Urusan orang sakit hingga pengantaran jenazah menjadi salah satu trend populer bagi organisasi NU Cilacap, baik di level Cabang, MWCNU maupun Ranting NU. Beberapa ranting NU sudah memiliki Mobil Layanan Kesehatan, termasuk pengantaran jenazah.

Hal itu menunjukkan adanya sinergisitas secara struktural bagaimana layanan sosial ini benar-benar menemukan momentumnya. Di mana? Di saat organisasi NU mampu menyediakan alat layanan sosial bersamaan dengan tingkat kebutuhan masyarakat atas layanan tersebut.

Jika ada pertanyaan contoh usaha NU di bidang sosial, maka jawabannya antara lain; layanan Ambulance NU untuk pasien (orang sakit) dan pengantaran jenazah. Dan usaha ini bukan sesuatu yang datang tiba tiba; melainkan merupakan jerih payah semua aktivis organisasi NU yang terlibat di dalamnya. Juga peran aktif warga masyarakat dalam mendukung Gerakan Koin NU.

NU Cilacap Organisasi Sosial Populer dan Layanan Yang Meningkat

Layanan Yang Meningkat

NU Cilacap sendiri memiliki layanan sosial terkait, dari sisi program kesehatan NU seperti Klinik AMANU Majenang, Klinik Azzahra Husada Kesugihan, Klinik NU Maos; dan sejumlah tenaga medis yang tergabung dalam layanan Posbindu.

Harus dinyatakan bahwa ini bagian dari layanan yang meningkat dari organsasi NU Cilacap hubungannya dengan jati diri sebagai organisasi sosial kemasyarakatan populer. Ini sekaligus untuk memberikan balancing, penyeimbang antara perayaan dengan pelayanan.

Di tahun 2021, NU Care LAZISNU Cilacap sudah memiliki sebanyak 15 mobil Ambulance NU dan 5 unit Mobil Jenazah dan 1 Unit Mobil Sehat NU (Mobisnu); juga Perahu Ambulans. Semuanya bergerak untuk satu tujuan; layanan yang meningkat dalam menjawab kebutuhan sosial masyarakat.

Selain layanan yang meningkat, tentu ada banyak manfaat di dalamnya. Organisasi NU semakin populer dalam hal layanan sosialnya; semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat; dan masyarakat juga semakin mendapatkan manfaat dari keberadaan organisasi NU melalui layanan sosialnya.

Jadi, benar bahwa NU bukan semata populer sebagai organisasi keagamaan, melainkan juga populer sebagai organisasi sosial. Dua dimensi keagamaan dan sosial menyatu dalam gerak organisasi.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 + 8 =

Back to top button