Catatan Redaksi

NU Cilacap Peduli, Tim Respon Kebencanaan dan Kemanusiaan

NU Cilacap Peduli adalah tim dari organisasi atau perkumpulan NU Cilacap yang menebar rasa peduli dan tindakan konkrit kepedulian dengan melaksanakan; program giat sosial kemasyarakatan, respon penanggulangan kebencanaan, layanan kesehatan dan peduli kemanusiaan lainnya.

Belum lama ini, NU Cilacap Peduli bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap menginisiasi simulasi penanggulangan bencana tsunami. Menariknya, kegiatan digelar usai pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional tepat pada pukul 09.00 Wib. Sejumlah instansi terlibat dalam acara ini mulai dari Kepolisian, Kodim, Dinsos, PMI, Dinkes, dan Kominfo Kabupaten Cilacap.

Tim NU Cilacap Peduli Kebencanaan Kemanusiaan merupakan mandat sesuai hasil Muskercab 2 tahun 2021 ditetapkan dan disahkan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap. Di dalamnya terdapat unsur gabungan antar elemen NU antara lain; Lembaga dan Badan Otonom NU. Persoalan krisis sosial kemanusiaan dan lingkungan hidup menjadi concern yang diimplementasikan dalam program dan kegiatan.

Krisis sosial kemanusiaan selalu ada da terjadi. Memotret krisis sosial antara lain dengan melaksanakan pemetaan fenomena kemiskinan baik fisik, sandang, pangan, papan maupun kesehtan. Di dalamnya, banyak ruang yang bisa dijadikan medan kepedulian dari organisasi NU Cilacap.

Kabupaten Cilacap diketahui termasuk wilayah dengan indeks kebencanaan dan potensi kejadian bencana yang tinggi. Seperti; banjir, tanah longsor, gempa bumi dan jenis bencana lainnya. Di Kabupaten Cilacap juga terdapat banyak persoalan kemanusiaan yang menghimpit masyarakat; seperti kemiskinan, kurangnya layanan kesehatan, hingga masalah kesejahteraan.

Tim Adhoc

Perkumpulan Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap sebagai organisasi sosial kemasyaratakan dan pengurus serta anggotanya menjadi bagian dari warga masyarakat Kabupaten Cilacap; beriktikad baik turut serta merespon, menanggulangi dan merespon kejadian kebencanaan yang ada.

Bentuk respon kebencanaan dari Organisasi NU Cilacap antara lain penggalangan bantuan sosial, pendistribusian logistik, melaksanakan recovery atau pemulihan, serta pendampingan dan pemberian layanan kesehatan.

Tim Adhoc NU Cilacap Peduli Kebencanaan Kemanusiaan juga menginisiasi bagaimana untuk melaksanakan semua yang tersebut di atas dengan menempuh cara penguatan kelembagaan, penguatan kapasitas personal dan menetapkan serangkaian kegiatan berkelanjutan. Dengan demikian, ketetapan kinerja tim selaras dengan kemampuan dan daya jangkau kegiatan.

Serangkaian bentuk kegiatan merupakan bagian dari program dasar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap. Kegiatannya dimandatkan kepada; Lembaga, Badan Otonom, MWCNU. Juga Ranting NU.

Berita informasi dan dokumentasi kegiatan NU Cilacap Peduli Kebencanaan Kemanusiaan yang sudah pernah dilaksanakan. Tentunnya, dengan tantangan yang ada, kegiatan-kegiatan yang diproyeksikan ke depan akan lebih variatif.

Dan semua itu bagian dari Khidmat NU kepada Masyarakat dalam bentuk respon kebencanaan dan peduli kemanusiaan. (Redaksi)

Temukan NU Cilacap Online NUCOM dan ikuti di Twitter, Facebook Fans Page, dan ikuti Instagram, juga subscribe channel YouTube kami.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button