MWCNU

MWCNU adalah struktur organisasi Islam Aswaja NU di tingkat Kecamatan, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama adalah kepanjangan tangan organisasi NU yang memiliki susunan pengurus, kegiatan, program, mekanisme laporan, fungsi dan peran.

Apa saja susunan pengurus MWCNU? Struktur atau susunan pengurus MWCNU terdiri dari unsur Mustasyar, Syuriyah, A’wan Syuriyah, Tanfidziyah dan Lembaga Lembaga NU. Program dan Kegiatan MWCNU mengacu pada program dasar kepengurusan di atasnya. MWCNU sendiri memiliki kewenangan menetapkan progam dan kegiatan melalui mekanisme permusyawaratan dari Konferensi, Musyaarah Kerja, hingga rapat-rapat yang dilaksanakan. Secara kolektif, kepengurusan MWCNU melaksanakan amanat Konferensi.

Di lingkungan PCNU Cilacap, ada 24 Majelis Wakil Cabang NU, yaitu Adipala, Binangun, Nusawungu, Kroya, Maos, Sampang, Kesugihan, Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Jeruklegi, Kawunganten, Kampung Laut, Bantarsari, Gandrungmangu, Sidareja, Patimuan, Kedungreja, Cipari, Dayeuhluhur, Majenang, Wanareja, Cimanggu dan Karangpucung. Lihat selengkapnya > Pengurus MWCNU di Kabupaten Cilacap

Kabupaten Cilacap di mana Organisasi NU Cilacap berada, memang memiliki wilayah yang sangat luas. Keberadaan Struktur Organisasi Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di tingkat Kecamatan sangat strategis untuk menjamin kelangsungan organisasi dari banyak sisi.

Program Kegiatan pengurus Wakil Cabang dibreakdowan kepada Lembaga-Lembaga NU. Ada keharusn untuk membentuk Lembaga di tingkat Kecamatan, sesuai dengan kebutuhan. Jadi, tidak semua Lembaga NU harus didirikan.

Dalam pelaksanaan kegiatan, kepengurusan Waklil Cabang NU secara kolektif juga dikordinasikan secara timbal balik dengan Badan Otonom setempat. Pada hampir seluruh tingkatan majelis Wakil Cabang NU Cilacap, terdapat dan terbentuk Pimpinan Anak Cabang (PAC) Badan Otonom.

Dengan adanya Lembaga dan Badan Otonom, menjadi kekuatan tersendiri bagi Organisasi NU Cilacap. Karena demikianlah yang diberlakukan sesuai mekanisme dan aturan organisasi. Semua saling bersinergi; menguatkan dan melestarikan Organisasi di level MWCNU Majelis Wakil Cabang NU.

Halaman ini berisi kumpulan berita, program, kegiatan, profil, pengurus Pengurus NU Tingkat Kecamatan yang disajikan melalui Media Islam Aswaja NU Cilacap Online.

Back to top button