by

MWCNU Bantarsari

-MWCNU-44 views

Seraya memohon hidayah kepada Alloh SWT dan mengharap syafaat Rosululloh saw, MWCNU Bantarsari merangkum profil singkat keberaadannya sejak awal beridiri sampai saat ini yang sudah barang tentu terdapat kekurangan dan kelebihannya

Mendengar atau membaca kata Bantarsari barangkali belum begitu akrab dibenak pikiran kita, ya memang Bantarsari itu nama sebuah Kecamatan termuda kedua di Kabupaten Cilacap sebelum Kecamatan Kampunglaut sebagai Kecamatan termuda

Kecamatan Bantarsari merupakan kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Kawunganten, secara geografis Kecamatan Bantarsari terletak disebelah barat Kecamatan Kawunganten dan disebelah timur Kecamatan Gandrungmangu, secara resmi Bantarsari menjadi sebuah Kecamatan pada tahun 1999 sesuai dengan Peraturan Pmerintah Republik Indonesia No. 45 Tentang Pembentukan Kecamatan Bantarsari diwilayahKabupaten Daerah tingkat II Cilacap dalam wilayah Provinsi Daerah tingkat I Jawa Tengah.

Upacara Hari Santri 22 Oktober MWCNU Bantarsari

Namun demikian, ghiroh keNUan masyarakat Bantarsari yang sangat tinggi menyebabkan MWCNU Bantarsari berdiri 3 tahun lebih awal sebelum Kecamatan Bantarsari secara definitif berdiri sebagai sebuah Kecamatan, ya tahun 1996 MWCNU berdiri dengan keterbatasannya dibawah komando KH. Ma’mur Halimi sebagai ketua Tanfidziyah, K. Ma’arif sebagai Sekretaris dan Drs. Musliman sebagai Bendahara untuk masa hidmah 1999 s/d 2001

Lahirnya MWCNU Bantarsari ini tidak bisa lepas dari peran aktif Ulama Harismatik seperti KH. Mujibudin, KH. A. Dumaeri, KH. Mustofa Qulyubi (alm), KH. A. Harir (alm), KH.Abdul Hamid (alm), KH. Hanafi Abdurrohim (alm), KH. Jalalludin (alm), KH. Minahul Karim (alm), KH.Muhtarom Mansyur, KH. Asyhuri Abdurrohim, KH. Rotibul Haddad (alm) dan lain lain yang selalu memberi arahan dan bimbingan.

Seiring berjalannya waktu kepengurusan MWCNU Bantarsari mengalami pergantian karena satu dan lain hal sesuai dengn mekanisme organisasi.

Masa hidmah 2001 s/d 2011 ( dua periode) kepengurusan diamanatkan kepada Drs. Musliman sebagai Ketua Tanfidziyah, K. M. Ihsanudin sebagai Sekretaris dan H. Rusladi sebagai Bendahara.

Masa hidmah 2011 s/d 2016 kepengurusan diamanatkan kepada K. M.Ihsanudin sebagai Ketua Tanfidziyah, Saefulloh, S.Ag. sebagai Sekretaris dan H. Rusladi sebagai Bendahara

Masa hidmah 2016 s/d 2021kepengurusan diamanatkan kepada K. M.Ihsanudin sebagai Ketua Tanfidziyah, Isma’il, S.Ag. sebagai Sekretaris dan H. Ma’sum sebagai Bendahara

Icon vital pendukung kegiatan dan harokah MWCNU Bantarsari dapat pahami dari kultur sosial masyarakat Bantasari yang heterogen, Bantarsari bagian utara merupakan daerah pegunungan, Bantarsari bagian tengah merupakan daerah santri, Bantarsari bagian selatan merupakan daerah semi perkotaan dan banyak penduduk pendatang.

Dalam mengemban amanatnya, MWCNU Bantarsari membawahi 8 Ranting dengan pengurus harianya sebagai berikut :

  1. Bantarsari : KH. Anwarudin Ketua Tanfidziyah, Sholihun, S.Pd.I. Sekretaris, K. Mahfudin Bendahara
  2. Bulaksari : Mahmud Junaedi, S.Pd.I Ketua Tanfidziyah, Yasin Yusuf Sekretaris, Ubaidir Rohman Bendahara
  3. Binangun : Hamid Mausul Ketua Tanfidziyah, Maimun Zubair Sekretaris, M. Mahfud Bendahara
  4. Cikedondong : Mujib Ketua Tanfidziyah, Ismangil Sekretaris, Sapto Bendahara
  5. Citembong : Rahmat As’ari Ketua Tanfidziyah, Ahmad Sidiq Sekretaris, Muslih Bendahara
  6. Kamulyan : M. Maghfuri Ketua Tanfidziyah, Aziz Afif Sekretaris, Abdul Yasir Bendahara
  7. Kedungwadas : M. Solihin Ketua Tanfidziyah, Abdul Basith Sekretaris, Rohman Bendahara
  8. Rawajaya : Iswahyudi AR Ketua Tanfidziyah, Amir Shofyan, S.Pd. Sekretaris, Saebani Bendahara

Hal yang tidak bisa dilupakan, MWCNU Bantarsari selalu bekerjasama dalam semua kegiatan dengan PAC Muslimat NU dibawah pimpina Ibu Ny Hj. Fulaihah, PAC Fatayat NU dibawah pimpinanUmi Baroroh, PAC Anshor dibawah Pimpinan K. Taufiqurrohman, Satkoryon BANSER dibawah Komandan Musalim Ridho dan PAC IPNU/IPPNU dibawah pimpinan Soniman / Dea Nurmaya.

Dari delapan ranting di wilayah Bantarsari terdapat lembaga pendidikan baik formal maupun non formal di bawah naungan Kementerian Agma yang dapat diberdayakan dalam kegiatan dan pengkaderan NU di Bantarsari.

Pendidikan Formal, tidak kurang dari 15 Raudhatul Athfal (RA), 11 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 3 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan  1 (satu) Madrasah Aliyah. Pendidikan non Formal, TPQ/MADIN + 43, dan 9 (sembilan) Pondok Pesantren.

Kegiatana MWCNU Bantarsari walaupun belum sehebat kegiatan MWCNU yang lain, namun dapat dikatakan cukup baik, pelan tapi pasti. Ini dapat dibuktikan antara lain :

  1. Kegiatan Rutin Kajian kitab Hjajul Qotiyah Ahlussunnah waljamaah setiap hari Ahad wage telah berjalan 69 kali
  2. TURBA MWCNU bersama PAC Muslimat setiap Hari Ahad ke 4 telah berjalan 22 kali
  3. Peringatan tahun baru Hijriyah yang selalu bekerjasama dengan Muslimat, Fatayat, Anshor IPNU/IPPNU, ranting se Bantarsari, TPQ, MADIN, MI, MTs dan MA telah berjalan lebih dar 11 kali
  4. Istighotsah gerbuhu dilaksanakan tiap tahun dengan jamah tidak kurang dari 1.500 orang
  5. Upacara Hari Santri Nasional bekerjasama dengan Muslimat, Fatayat, Anshor IPNU/IPPNU, ranting se Bantarsari, TPQ, MADIN, Pondok Pesantren, MI, MTs dan MA telah berjalan 3 kali dengan peserta upacara lebih dari 2.500 orang dengan kegiatan pendukung lomba, turnamen dan gerakan 100 tumpeng.
  6. Melaksanakan PKPNU tahap 1 husus putra dengan peserta 54 orang
  7. Melaksanakan PKPNU tahap 2 husus putri dengan peserta 96 orang
  8. Mendirikan BMTNU bekerjasama dengan PCNU
  9. Menggerakkan kegiatan rutin dimasing masing Ranting

Ya sekali lagi pelan tapi pasti demi tegaknya NU dan NKRI di bumi pertiwi warisan para Kiyai. Semoga bermanfaat. (Ismail)

Tentang Penulis: admin

Gravatar Image
Seorang Relawan yang berusaha menghadirkan aktifitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap secara Online. Salam Perjuangan untuk Penghidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

Berita & Artikel Lainnya