Nasional

MUNAS Ke-1 JRA Di Mojokerto; Ruqyah dan Peradaban

Ruqyah dan Peradaban menjadi tema besar Musyawarah Nasional (Munas) ke-1 Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) yang akan diselenggarakan pada hari Jum’at sampai Ahad tanggal 23-25 September 2022 mendatang di Kampus Institut KH Abdul Chalim (Ikhac), Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

Ketua Panitia Lokal Munas ke-1 JRA, Zainal Arifin mengatakan, kegiatan akbar tersebut akan menghadirkan sekitar 3.000 peserta. Mereka berasal dari para praktisi atau peruqyah Aswaja dari seluruh Indonesia.

“Para peserta terdiri dari terdiri perwakilan Pengurus Wilayah, dan Pengurus Cabang Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) se Indonesia. Mudah-mudahan MUNAS ini berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Saat ini, lanjut Zainal Arifin, sudah ada delapan belas (18) Pengurus Wilayah. Juga ada dua ratus enam (206) Pengurus Cabang JRA se Indonesia.

Beberapa agenda dan acara MUNAS Ke-1 JRA di Mojokerto sudah disiapkan; di antaranya Gema Shalawat bersama Habib Anis Syahab dari Jakarta,KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar atau akrab dipanggil Gus Kautsar dari Ponpes Alfalah Ploso Mojo Kediri Jawa Timur. Juga ada Seminar Kebangsaan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Ketua JRA yang Baru

MUNAS Ke-1 JRA juga akan mendengarkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus, sekaligus memilih Ketua Umum JRA yang baru untuk masa khidmat lima tahun ke depan.

Ketua Umum Pengurus Pusat JRA Kiai Abdul Wahab berharap semoga Ketua Baru nanti yang terpilih bisa membawa kemajuan Jami’yah JRA semakin besar dan luas dalam mensyiarkan Aqidah Alhlusunah Wal Jamaah Annahdliyyah serta mendakwahkan Al Qur’an sebagai Syifa.

Baca juga: Agenda Kegiatan Silatnas JRA Ke 5

“Ke depan, JRA bisa lebih bermanfaat untuk Masyarakat Nahdliyin dan Umum & berkah bagi ummat dan mengharap Ridha Allah SWT Menyongsong terwujudnya tiga pilar JRA: Ilahiah, Ilmiah dan Alamiah,” ungkapnya.

Menurut rencana, acara MUNAS Ke-1 JRA akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Dra Hj Khofifah Indar Parawansa, M.S. Juga dihadiri oleh Wakil Rais Syuriyah PWNU Jatim  Prof KH Ali Maschan Moesa. Sejumlah undangan akan dihadirkan antara lain dari Pengurus Harian PBNU dan Lembaga Dakwah (LDPBNU).

Persiapan MUNAS Ke-1 JRA terus dimatangkan oleh panitia pelaksana. Termasuk rapat koordinasi (Rakor) panitia untuk mengukur dan memastikan persiapan Munas tersebut. Rakor sebelumnya diselenggarakan di Guest House Kampus IKHAC.

Ketua Panitia Nasional, Gus Nur Al-Hajr berharap agar segenap panitia dan pengurus terus fokus mematangkan persiapan Munas I JRA 2022 mendatang. MUNAS Ke-1 JRA akan berlangsung selama tiga hari. Diawali dengan Registrasi Peserta pada Hari Jum’at 23 September 2022 mendatang. Dan penutupan pada hari Ahad 25 September 2022.

Menurut rencana, perwakilan Pengurus Cabang JRA Wijaya Kusuma Cilacap berangkat pada hari Kamis , 22 Sepetember 2022 mendatang. (Khayaturrohman)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button