Manfaat Gurah dan Bekam untuk Kesehatan Tubuh Ala JRA

Apa saja manfaat gurah dan bekam untuk kesehatan tubuh? Jamiyyah Ruqyah Aswaja (JRA) memberikan jawaban melalui serangkaian penjelasan secara teori, terapi dan juga praktik. JRA dengan konsep Thibbun Nabawi memberikan solusi masalah kesehatan tanpa kehilangan ruh penguatan keagamaan Islam Aswaja.

JRA Adipala Cilacap meyakini bahwa gurah dan bekam memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Itu sebabnya, para praktisi gencan melakukan sosialisasi, praktik terapi hingga penyembuhan berbagai macam penyakit.

Praktisi JRA telah menyinergikan Thibbun Nabawi dengan Ruqyah, Bekam, Herbal, Gurah dan masih banyak lagi yang lainya. Di tangan para terapis Jam’iyyah Ruqyah Aswaja  (JRA), gurah ini berbeda dengan gurah lainnya, Karena Gurah Aswaja. sudah Sinergi dengan spirit, inti dan pesan-pesan dari beebrapa bacaan ayat Al-Qur’an.

Manfaat Gurah Untuk Kesehatan

  1. Membuat suara menjadi kuat, keras, nyaring, panjang sangat cocok untuk ahli pidato, reporter, guru, dosen dan penceramah dll.
  2. Manfaat Gurah menjadikan suara merdu, bersih, halus dan empuk sangat cocok buat haafidz Qur’an, Qori dan Qoriah.
  3. Membesarkan volume paru-paru dan membuat nafas lebih panjang; kesehatan paru paru pun terjaga
  4. Membuat pikiran jadi jernih, cerdas, pintar serta mempertajam ingatan/tidak mudah lupa.
  5. Gurah bermanfat secara kesehatan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit seperti TBC, Asma, Sesak Nafas, Penyakit Paru, sakit kepala, mudah pusing, alergi debu; juga bisa melarutkan lendir, mempertajam sensitivitas hidung terhadap perubahan cuaca dan debu, dan sinusitis.
  6. Melarutkan jamur serta kerak/kotoran yg menempel pada lapisan/selaput paru bagian dalam dan luar.
  7. Mencegah dan menyembuhkan sumbatan hidung, amandel, polip, bengkak hidung akibat polusi udara.
  8. Mencegah dan menetralisir tekanan darah sehingga kondisi darah menjadi normal.

Baca juga Pendalaman Teknik Ruqyah Taskhirul Qur’an

Rasulullah Menjalankan Bekam 

Apa itu Bekam? Bekam (Hijamah) secara etimologi artinya menghisap. Dan menurut istilah berarti metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia dengan cara melakukan pemvakuman kulit.

Hadits Nabi Muhammad SAW, berbunyi;

سُئِلَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ عَنْ كَسْبِ الْحَجَّامِ فَقَالَ احْتَجَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَجَمَهُ أَبُو طَيْبَةَ فَأَمَرَ لَهُ بِصَاعَيْنِ مِنْ طَعَامٍ وَكَلَّمَ أَهْلَهُ فَوَضَعُوا عَنْهُ مِنْ خَرَاجِهِ وَقَالَ إِنَّ أَفْضَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ أَوْ هُوَ مِنْ أَمْثَلِ دَوَائِكُمْ

Dari Anas bin Malik r.a, (ditanya) mengenai Hijamah, beliau berkata : bahwa sesungguhnya Rasulullah ber-bekam/hijamah dan memerintahkan keluarga beliau; dan Rasululloh bersabda: sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan Hijamah. (Hadis dari Ibnu Abi Umar juga menyebutkan demikian dalam Shahih Muslim 1577).

Juga Hadits Rasulullah SAW berikut ini

عَنْ أَبِي رَجَاءٍ، عَنْ سَمُرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:”أَفْضَلُ مَا تَدَاوَى بِهِ النَّاسُ الْحِجَامَةُ”. المعجم الكبير الطبراني

Dari Abi Roja’, dari Samuroh r.a. berkata : bahwa Sesungguhnya Rasulullah bersabda: sebaik-baik pengobatan yang manusia lakukan adalah dengan Hijamah. (Mu’jam Kabir – At Thabrani).

Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh

Terapi bekam kerap dijadikan sebagai pelengkap perawatan beberapa penyakit atau masalah kesehatan kronis, manfaat bekam untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Migrain
  • Nyeri otot di bagian leher, panggul, dan kaki sebagai penopang kesehatan tubuh
  • Bekam sangat bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi
  • Kelainan darah, seperti hemofilia dan anemia
  • Manfaat bekam juga untuk mengatasi masalah kesuburan dan gangguan kandungan
  • Penyakit rematik, seperti fibromyalgia dan radang sendi
  • Masalah kulit, seperti jerawat dan eksim
  • Kecemasan dan depresi
  • Varises
  • Herpes zoster
  • Penyumbatan bronkus (saluran pernapasan) yang disebabkan oleh asma atau alergi
  • Sindrom terowongan karpal (carpal tunnel syndrome)
  • Gangguan gastrointestinal, seperti irritable bowel disease (IBD)

Bekam sebagai metode pengobatan alternatif berbagai penyakit di atas berasal dari efeknya yang dapat melancarkan pembuluh darah, merangsang kinerja saraf; juga meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh, membuat tubuh lebih rileks.

Meski demikian, mekanisme terapi bekam untuk mengobati beragam penyakit tersebut belum dapat dijelaskan secara mendetail. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna mengetahui dengan jelas efektivitas dan keamanan terapi ini.

Baca Juga >>  Pelatihan Praktisi Ruqyah Aswaja & Ijazah Kubro JRA Cilacap

Gurah, Ruqyah dan Bekam JRA

Kegiatan gurah masal bersama Pengurus Anak Cabang Jam’iyyah Ruqyah Ahlussunah Wal Jama’ah Adipala (PAC JRA Adipala) dan ahli terapis PAC JRA Cilacap ; berlangsung di Madin Darut Tauhid Welahan Kulon Desa Glempangpasir, asuhan Kiai Muhammad Ihsan, sekaligus Ketua Tanfidziyah Ranting Nu Glempangpasir,  Pada Sabtu ( 29/01).

Peserta dari masyarakat sekitar wilayah Glempangpasir dan Welahan Wetan. Acara dimulai dengan Tawasul kepada Muasis NU dan Masyayih dan para guru JRA yang dipimpin langsung oleh Gus Ma’ruf Musyafa selaku  Ketua PAC JRA Adipala.

Turut hadir Pengurus Cabang JRA Cilacap Kiai Nur Kholis Selaku DIVBEKTOGUR (Divisi Bekam Totok Gurah). Kepada para Marqi dan Marqiyah (Pasien) mengenalkan terapis JRA kepada masyarakat luas tentang gurah dan bekam untuk kesehatan tubuh; juga terapi kesehatan di antaranya tentang bekam, gurah telinga, gurah mata, gurah hidung.

“Mengawali Tahun 2022 ini sudah mengagendakan untuk safari Praktisi JRA Cilacap dengan meyiarkan Terapi Qur’ani atau pelatihan Ruqyah Mandiri; dan mengenalkan kepada masyarakat Cilacap terapis JRA Thibbun Nabawi di antaranya; juga Terapi Qura’ni Ruqyah Mandiri, Gurah  Mata, Gurah Hidung, Gurah Telinga, Gurah Kewanitaan, Totok Ruqyah , Totok Punggung dan Hijamah (Bekam),“ ungkapnya

Sementara itu, satu pekan lalu di Madin Darut Tauhid Team PAC JRA Adipala sudah mengadakan Mujahadah Rotibul Hadad dan Terapi Qur’ani (Ruqyah Massal) yang diikuti oleh ratusan peserta. Tidak terduga peserta juga banyak yang minta untuk Terapi Qur’ani sekitar 25 pasien. Di lokasi juga melayani terapis Bekam, Toyah (Totok Ruqyah), Tobung (Totok Punggung).

JRA memiliki komitmen untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat; menebar manfaat gurah dan bekam untuk kesehatan tubuh. ( Khayaturrohman )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button