Lembaga NU

Tingkatkan Kompetensi, LP Ma’arif Cilacap Gelar Bimtek Guru Madrasah

Cilacap, NU Cilacap Online

Dalam rangka meningkatkan kompetensi Guru Madrasah, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Cilacap menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan kisi-kisi dan naskah soal. Bimbingan teknis ini  memberikan sosialisasi dan edukasi kepada 55 guru madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Cilacap dan bertempat di Aula MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi, pada Rabu (27/01/21).

Selain bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam proses penyusunan soal, acara ini juga mengajak guru untuk melihat kondisi dan situasi yang dilalui oleh anak didiknya. Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) kelas VII, VIII dan IX semester genap menjadi fokus pada bimbingan teknis ini.

Hal ini bertujuan agar peserta bimbingan teknis yang tergabung dalam Tim Penyusun dan Editor Naskah Soal MTs lebih siap dan maksimal dalam proses penyusunan soal semester genap.

Bimtek Guru Madrasah LP Maarif NU
sejumlah 55 orang guru madrasah di bawah naungan LP Maarif NU Cilacap ikuti Bimtek yang digelar LP Maarif NU Cilacap

Dari awal hingga akhir acara peserta memiliki antusiasme yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa mereka mempunyai kemauan untuk maju dan berkembang. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 ini dunia pendidikan turut mengalami hambatan dalam keberlangsungannya. Sehingga acara ini lebih memotivasi para guru untuk terus berdedikasi.

Berikan Motivasi Untuk Para Guru

Sebagai narasumber, H. Mathori, S. Pd, M.M pun larut dalam semangat peserta dan ikut memberikan motivasi kepada seluruh peserta dan penyelenggara.

“Bekerja itu ibadah agar bahagia, sukses, dan berpahala. Seorang pejuang akan bahagia jika yang diperjuangkan sukses dan bahagia. Semakin sibuk kita bekerja, berarti semakin bermanfaat bagi sesama”, tuturnya.

Dalam sambutannya, Ketua LP Ma’arif NU PCNU Cilacap, H. Muniriyanto, M. M, M.Pd menuturkan, “Dalam masa pandemi Covid-19 ini, siswa tentu terhambat dalam penyerapan materi pembelajaran, maka sebaiknya naskah soal pun disusun dengan mempertimbangkan hal itu”.

Selaras dengan beliau, Hardiko sebagai Koordinator Tim Penyusun dan Editor Naskah Soal MTs berharap kepada para peserta selain mendapatkan ilmu juga mendapat pencerahan terkait penyusunan kisi-kisi dan naskah soal yang baik dan berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman.

Kontributor : Nova Priyanto
Editor : Shefila (Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

13 − 2 =

Back to top button