Haul KH Muhammad Ruslan Ke-30, Ziarah di TPU Wadasjontor

NU CILACAP ONLINE – Ribuan jamaah dari berbagai daerah yang terdiri atas keluarga besar yayasan dan alumni pondok pesantren Tarbiyatul Islamiyyah, pengurus MWCNU Patimuan serta warga masyarakat memadati TPU bukit Wadasjontor, Kecamatan Patimuan memadati area peringatan haul KH Muhammad Ruslan bin Muhammad Syuaib bin H Abdurrohman ke-30 tahun 2021 Minggu pagi (12/12/2021).

Acara ziarah dalam rangka haul KH Muhammad Ruslan tahun ini terkesan lebih khidmat karena selepas tahun lalu yang terhambat pandemi. Selain itu camat Patimuan; bapak Priyo Sutikno, S.Sos., M.Si dan kepala desa Patimuan; bapak Ahink Muttaqin, S.Pd.I juga turut hadir.

Sebelum dimulainya inti acara, pengasuh pondok pesantren Tarbiyah Islamiyah Patimuan; KH Muadibussibyan atau Gus Adib; menyampaikan rasa terima kasih kepada semua jamaah yang hadir berziarah dalam haul tahun ini. Gus Adib juga menyampaikan tausiyah tentang pentingnya pendidikan ilmu agama untuk menguatkan pendidikan umum.

“Kami tidak melarang santri untuk belajar di pendidikan formal; bahkan mendukung para santri untuk sekolah sampai ke perguruan tinggi namun jangan sampai melupakan pendidikan agama dan ulama’ salaf,” Tutur Gus Adib.

Baca juga Makam Gus Dur Kembali Dibuka Untuk Peziarah

Beliau juga menuturkan datang ke kubur Wali atau Ulama dan memperingati haulnya sudah menjadi kebiasaan atau kultur yang tak terpisahkan lagi bagi masyarakat NU. Bahkan bisa dibilang kedua ritual yang saling terkait tersebut sekarang menjadi semakin massif dilakukan, tidak saja menjadi kultur namun penegas identitas keislaman.

“Ziarah dan peringatan haul adalah kulturisasi yang saling berkaitan bahkan sebagai identitas kita dalam ritual berjam’iyyah”, tuturnya.

Ziarah dirangkaikan dengan tradisi pembacaan surah Yasin dan Tahlil serta ditutup dengan doa. Akhir kata Gus Adib menghaturkan para jamaah turut hadir dalam acara pengajian di pondok pesantren Tarbiyah Islamiyah Cinyawang, Patimuan; pada malam harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button