Situs Islam Aswaja

Kantor Sekretariat MWCNU Adipala Segera Terwujud

Kantor Sekretariat MWCNU Adipala Segera Terwujud. Pembangunan Gedung Kantor sekretariat bersama merupakan program jangka panjang yang ditargetkan oleh Pengurus MWCNU Adipala masa khidmah 2014-2019 yang pelaksanaannya di mulai pada tahun 2017 dan ditargetkan selesai pada tahun 2019.

“Kami merencanakan penggalangan dana dengan program Wakaf dan Jariyah Bersama dari mulai Tahun 2015 dan terus akan berlangsung sampai dengan bangunan kantor sekretariat selesai.” penuturan KH. Sahal Ghozali, BA selaku Rais Syuriyah.

Beliau sanga bersyukur seraya menegaskan, Alhamdulillah target dari program tersebut yang merupakan impian dari MWCNU Adipala dan Warga Nahdliyin Adipala akan segera terwujud, pasalnya sebentar lagi kantor sekretraiat tersebut sebentar lagi selesai.

Bangunan kantor sekretariat MWCNU Adipala yang berlokasi di Jalan Pahlawan RT 03 RW 01 Desa Adirejakulon Kecamatan Adipala, sedang di bangun di atas tanah wakaf bersama seluas 17 ubin.

Peletakan batu pertama pembangunan di mulai pada tanggal 18 Nopember 2017 dan kini setelah berjalan lebih dari 1 tahun telah mencapai 80 %, pada saat berita ini diturunkan masih dalam proses pemasangan keramik. Bagian luar kantor sudah terlihat rapi.

“Pembangunan tinggal merapikan bagian dalam dan pengadaan pintu jendela beserta kaca-kacanya” kata H. Sutarmo, SH. selaku ketua panitia pembangunan.

Lebih lanjut beliau menagatan bahwa bangunan kantor sekretariat sengaja ditempatkan di wilayah Desa Adirejakulon karena posisinya yang strategis berada di tengah-tengah sehingga mempermudah akses, dekat dengan jalan raya dan masjid Desa.

MWCNU Adipala ketika ingin mempunyai kantor sekretariat dimulai dari nol, dimulai dari pembesasan lahan dan dilanjutkan dengan pembangunan, dibagi dalam 2 tahap yaitu tahap 1 untuk pembebasan lahan dan tahap 2 untuk proses pembangunan.

Pengadaan lahan dan pembangunan gedung merupakan shodaqoh jariyah dan wakaf bersama yang digalang oleh pengurus  MWCNU Adipala dengan tahap awal dengan modal hanya 60 juta, alokasi anggaran pembangunan mencapai kisaran lebih 900 juta yang terbagi untuk pembebasan lahan sebesar 170 juta dan proses pembangunan mencapai lebih dari 730 juta.

H. Yakup Karmawan selaku Ketua Tanfidziyah MWCNU Adipala mengatakan, pengurus MWCNU Adipala menargetkan pembangunan akan selesai sekitar bulan Oktober 2019.

“Mudah-mudahan di Bulan Oktober 2019 ini pembangunan Kantor sekretariat bersama dapat selesai, karena kami merencanakan konferensi MWCNU Adipala akan kami targetkan di bulan tersebut sekaligus untuk peresmian kantor dan Peringatan Hari Santri Tahun 2019,” katanya.

Sementara itu, mengingat lahan tanah yang sangat terbatas sehingga Kantor sekretariat bersama di desain dalam 2 lantai dengan peruntukannya lantai bawah untuk ruang perkantoran dan lantai atas untuk aula atau ruang pertemuan.

KH. Abdul Ghofir selaku Katib Syuriyah MWCNU Adipala menegaskan, lantai bawah disamping untuk ruang kantor pengurus MWCNU sendiri dan juga untuk perkantoran pengurus banom NU serta ruang tamu.

“Kami menyiapkan ruangan sejumlah banom NU yang ada di Adipala yang meliputi Muslimat NU, Fatayat NU, GP. Ansor, IPNU, IPPNU dan ISHARI NU”, ungkapnya

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Adipala menaungi sebanyak 16 ranting dan Lembaga serta Badan Otonom NU. Lembaga dibawah MWCNU Adipala terdiri dari LP. Ma’arif NU, LDNU, LPNU, LAZISNU, LTMNU, LESBUMI NU dan LBMNU. Adapun Badan Otomom dibawah MWNU Adipala meliputi Muslimat NU, Fatayat NU, GP. Ansor, IPNU, IPPNU dan ISHARI NU (Yusuf Munawar)