BeritaFeature & Figur

Harmoko, Mantan Menteri Penerangan Tutup Usia

Kabar duka kembali menyelimuti Indonesia, Harmoko mantan Menteri Penerangan di era pemerintahan Presiden Soeharto Tutup Usia pada 4 Juli 2021. Kabar ini diketahui lewat pesan singkat yang diterima oleh NU Cilacap Online. Innalillahi Wa Innailahi Roji’un.

Mediang Harmoko diketahui Tutup Usia pada pukul 20.22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Dalam pesan itu terungkap doa dan belasungkawa atas kepergian Harmoko.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun telah meninggal dunia Bapak H. Harmoko bin Asmoprawiro pada hari Minggu 4 Juli jam 20:22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau dan mohon doanya insya Allah beliau husnul khotimah. Aamiin,” demikian pesan yang tersiar melalui media sosial.

Harmoko merupakan politikus yang pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan Indonesia pada masa Orde Baru. Kementerian Penerangan itu yang bermetamorfosis di orde reformasi menjadi Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kominfo).

Mendiang Harmoko juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR pada masa pemerintahan Presiden BJ Habibie. Meski begitu belum ada keterangan lebih lanjut mengenai penyebab Harmoko meninggal dunia. Bahkan juga belum ada informasi resmi mengenai dimana dan kapan pemakaman Harmoko akan dilakukan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate mengkonfirmasi kabar tersebut. Ia pun menyatakan dukacita atas wafatnya Harmoko.

“Kiranya almarhum Bapak Harmoko mantan Menteri Penerangan RI beristirahat dalam damai dan mendapat tempat yang layak dalam surga yang kekal,” kata Johnny saat dihubungi, Minggu malam.

Mantan Ketua Umum Golkar itu meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, sekitar pukul 20.22. Belum ada informasi mengenai penyebab wafatnya Harmoko.

Kabar meninggalnya Harmoko turut dibenarkan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

“Iya benar mas (Pak Harmoko meninggal dunia),” kata Bamsoet lewat keterangan tertulis.

Baca Artikel Terkait:

Dimas Azisoko, putra almarhum, meminta doa setulus hati kepada masyarakat Indonesia untuk almarhum ayahandanya. “Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau dan mohon doanya insya Allah beliau husnul khatimah. Aamiin Ya Rabbal Alamin,” kata dia.

Harmoko merupakan Tokoh kelahiran Nganjuk Jawa Timur, 7 Februari 1939, dikenal sebagai legenda di dunia komunikasi selama Orde Baru. Tangan dinginnya juga terbukti dengan sukses mendirikan Post Kota dan menggawangi media itu hingga puncak kejayaannya.

Editor: Shevila Dewi Pramudhita

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twenty − 1 =

Back to top button