Badan Otonom NU

Harlah NU 96, GP Ansor – Fatayat NU Adipala Gelar Bakti Sosial

Memperingati Harlah NU 96, GP Ansor dan Fatayat NU Adipala menggelar Bakti Sosial di Pantai Sodong. Pantai Sodong Desa Karangbenda terlihat ramai oleh puluhan orang  berkostum warna orange. Mereka tampak bahu membahu membersihkan area pantai.

Di sanalah dilangsungkan kegiatan bakti sosial  bersih pantai dan kegiatan lainnya yang berpusat di pantai Sodong Desa Karangbenda  Kecamatan Adipala.

Kegiatan yang digelar oleh PAC GP Ansor dan PAC Fatayat NU Adipala ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari lahir Nahdlatul Ulama ke-96 pada Jumat (28/01). Kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama antar Banom dan Lembaga yang ada di MWCNU Adipala, dimana Ansor dan Fatayat sebagai penggeraknya.

Bakti sosial GP Ansor – Fatayat NU Adipala diikuti oleh banom dan lembaga yang ada di kecamatan Adipala, baik ditingkatan Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Ranting maupun Anak Ranting. “Mereka terlihat sangat antusias dengan kegiatan ini,” kata Arif Fusaheri, ketua PAC GP Ansor Adipala.

Hadir pula dalam kegiatan ini jajaran Forkompincam kecamatan Adipala, ketua MWCNU Adipala, kepala Puskesmas dua Adipala beserta dengan stafnya. Kegiatan diawali dengan pembacaan sholawat Asghil yang dipandu oleh Siti Nuriyah dari Bidang Seni dan Budaya PAC Fatayat NU Adipala, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama.

GP Ansor Fatayat NU Adipala Bakti Sosial

Bakti Sosial Bersih Pantai

Dalam sambutannya ketua panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Arif Fusaheri mengatakan rasa syukur dan terima kasih atas terselanggaranya kegiatan bakti sosial ini baik kepada Banom NU maupun pemerintahan Kecamatan Adipala, sehingga serangkaian kegiatan bisa terlaksana dalam satu waktu.

“Kegiatan bakti sosial kali ini meliputi; bersih pantai, cek kesehatan Posbindu PTM dari PAC Fatayat NU Adipala, Vaksinasi booster dan rapid tes gratis dari unit Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM 2) Adipala, dan doa bersama,” tegas Arif.

Arif juga menambahkan bahwa NU itu tidak kemana-mana tapi NU ada dimana-mana. NU bukan hanya sebagai organisasi keagamaan yang mempunyai visi dan misi untuk mempertahankan dan mengembangkan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah ala Nahdlatil Ulama. Tapi lebih dari itu, NU juga merupakan organisasi kemasyarakatan yang menjadikan warganya terentas dari kebodohan, kemiskinan dan ketidakberdayaan.

“Melalui kegiatan ini nantinya tidak hanya keagamaan yang sudah menjadi ruhnya NU tapi juga kegiatan Sosial kemasyarakatan yang bisa langsung menyatu dengan warga lain juga bisa dirasakan manfaatnya bersama, ” tegasnya.

Sementara itu Camat Adipala Teguh Prastowo dalam sambutannya menyampaikan pentingnya arsip dan publikasi kegiatan untuk menunjukkan kepada khalayak tentang kebesaran NU.

“Segala jenis kegiatan hendaknya selalu diarsipkan dengan cara didokumentasikan dan dipublikasikan pada khalayak agar mereka tau bahwa NU itu besar dan kerjanya nyata bukan hanya sekedar pengajian atau sejenisnya tapi NU juga organisasi sosial kemasyarakatan yang bentuk pengabdiannya nyata.

Teguh juga meminta agar profesionalitas dalam berorganisasi hendaknya selalu ditingkatkan untuk mencapai tujuan bersama yang diharapkan. Inovasi kegiatan juga harus selalu ditingkatan dan masing-masing bidang agar memberikan masukan untuk kemajuan organisasinya.

Jamu jati kendi menjadi akhir sambutan Teguh Prastowo bahwa dalam berorganisasi dan berbaur dengan masyarakat hendaknya selalu jaga mulut, jaga hati dan kendalikan diri. Kegiatan bakti sosial diakhiri dengan makan bersama sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan dan rasa syukur sebagai warga NU yang sudah memasuki usia ke-96

Tujuan dari kegiatan tersebut  selain untuk membersihkan sampah adalah menjaga dan melestarikan Alam  . Dengan bersihnya pantai diharapkan menjadi wisata andalan warga di Kecamatan Adipala dan Cilacap umumnya yaitu pantai yang indah dan bersih.

Pantai Sodong Adipala

Sekilas Destinasi Wisata Pantai Sodong

Pantai Sodong di Cilacap merupakan sebuah pantai yang tersembunyi di balik Pegunungan Selok. Keindahan yang disuguhkan oleh pantai ini memang sangat menawan. Suasana pantai yang di kelilingi oleh tebing-tebing yang berjajar memanjang serta  pepohonan cemara yang menjulang tinggi ke atas, seolah-olah membawa kita berada di dunia yang berbeda. Udara yang sejuk dan keasrian hijaunya pepohonan cemara akan membuat kita semakin nyaman dan ingin berlama-lama ketika berada di Pantai Sodong.

Pantai ini berlokasi di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala , Kabupaten Cilacap.  Jika  pengunjung datang ke pantai ini di pagi hari; mata kita akan dimanjakan oleh keelokan matahari terbit yang muncul di balik semak-semak bukit.

Kehangatan pun akan lebih terasa jika kita berada di pantai ini dan mendapati cuaca yang cerah di sore hari. Pemandangan sunset yang mengagumkan akan membuat kita enggan untuk beranjak dari Pantai Sodong yang ada di kota Cilacap tersebut.

Baca Juga : Inilah Rangkaian Acara Hari Santri di MWCNU Adipala

Penulis: Fathin Amamah
Editor : Khayaturrohman

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button