Lembaga NU

Gelar Pelatihan Dakwah, LDNU Cilacap Bidik Generasi Milenial

Pelatihan dakwah milenial angkatan kedua diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Cilacap, di Aula Gedung Pusdiklat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap, Ahad (03/10).

Pelatihan yang mengangkat tema “Konten Positif Dengan Video Edukatif” ini membidik generasi muda yang notabene adalah generasi milenial. Tak kurang 25 orang peserta mengikuti pelatihan. Mereka adalah generasi milenial yang berangkat dari beberapa Banom NU di lingkungan PCNU Cilacap seperti Ansor, Fatayat NU, IPNU dan IPPNU.

Dalam pemaparan materinya, ketua LDNU Cilacap KH Sya’roni Jazuli menyampaikan pentingnya generasi NU menguasai Ilmu Teknologi (IT) pada saat ini untuk kepentingan dakwah.

pelatihan dakwah milenial LDNU Cilacap

“Semakin kita banyak belajar menggali, maka semakin sadar betapa kita masih banyak kekurangan. Dengan generasi NU menguasai IT maka harapannya akan menghasilkan konten-konten positif untuk meluruskan dakwah yang tidak sesuai dengan kita (NU),” kata KH Sya’roni Jazuli.

Dakwah Nahdlatul Ulama

Dakwah kita (Nahdlatul Ulama) adalah dakwah yang sejuk dan indah. Ajaran Nahdlatul Ulama itu indah. Ajaran yang luar biasa, bisa diterima oleh semua kalangan. Bukan hanya oleh muslim tetapi juga non muslim,” lanjutnya.

Sekretaris LDNU Cilacap KH Ahmad Husein mengharapkan agar generasi muda NU menjadi garda terdepan.

“Hari ini, LDNU Cilacap sengaja mendatangkan generasi muda, generasi milenial. Harapannya untuk menjadi garda terdepan bagi generasi Nahdlatul Ulama dalam menyampaikan dakwah yang menyejukkan,” kata Husein.

Husein berpesan agar generasi muda haruslah waspada dan jangan bersikap statis agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

“Kita jangan merasa aman ketika dalam keadaan statis. Kita harus selalu berkembang, mengikuti era yang ada sehingga tidak tertinggal dengan yang lain. Harapannya generasi Nahdlatul Ulama harus mengikuti jaman dan mengikuti perkembangan serta informasi yang ada,” lanjut Husein.

Selanjutnya, peserta pelatihan dakwah LDNU Cilacap belajar tentang tehnik mengolah video, oleh pimpinan redaksi (Pimred) NU Cilacap Oficial Media (NUCOM) Ahmad Nur Wahidin. NUCOM merupakan media resmi milik PCNU Cilacap.

Ahmad Nur Wahidin menyampaikan bahwa dengan kemampuan mereka membuat video berkualitas, akan membantu mereka mengeksplore tokoh-tokoh di sekitarnya.

“Ada banyak tokoh-tokoh hebat di sekitar kita, namun keberadaan mereka kurang dikenal. Ini karena kurangnya publikasi. Nah inilah saatnya teman-teman mempublish mereka dengan konten-konten yang kalian buat,” kata Wahid.

Banyaknya kegiatan-kegiatan di organisasi NU sangat strategis untuk dijadikan konten dakwah; memberikan dakwah yang menyejukkan dengan konten yang berkualitas; juga mengangkat dan mengenalkan tokoh-tokoh NU kepada masyarakat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button