Gandeng IGTK Adipala, Unugha Gelar Workshop PTK

NU CILACAP ONLINE – Pihak Universitas Nahdlatul Ulama Alghazali (Unugha) Cilacap  menggelar workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan yang menggandeng Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) Kecamatan Adipala ini digelar di ruang auditorium Unugha Cilacap, Rabu (15/3/2023).

Workshop PTK ini diikuti oleh guru-guru TK yang tergabung dalam IGKT Kecamatan Adipala. Sementara pemateri dihadirkan dari dosen Program Study (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Prodi PIAUD sebagai bagian dari Fakultas Keagamaan Islam (FKI) menjadikan kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian di dunia pendidikan khususnya pendidikan usia dini.

Hadir saat pembukaan acara, Dekan FKI Misbahus Surur menyampaikan bahwa kegiatan ini juga bertujuan menjalin silaturahmi dengan lembaga lain di luar kampus.

Tentang pendidikan usia dini, Misbah menyoroti dunia anak-anak sebagai dunia bermain. Maka wajar jika pendidikan anak usia dini identik dengan permainan.

“Tentang anak belajar sambil bermain, maksudnya anak itu dibiarkan untuk bermain tetapi guru sambil menyampaikan materi,” ujar Misbah.

Kemudian terlepas dari proses penyampaian materi, Misbah juga mengungkap pentingnya doa para siswa sebagai ikhtiar batin guru terhadap muridnya. Hal ini penting agar anak mampu menjadi orang berilmu dan menjadi orang yang mengerti.

Misbah juga berpesan kepada para guru TK yang hadir hari itu agar menjadikan segala sesuatunya untuk belajar. Tak terkecuali dengan kegiatan workshop PTK hari itu.

Hadir pula pengawas TK Kecamatan Adipala, Winarsih, S. Pd. AUD, beliau berharap kepada pihak penyelenggara untuk bisa melakukan kegiatan seperti ini dan selalu melibatkan guru PAUD khususnya di wilayah Adipala.

Baca artikel terkait Pendidikan Karakter Untuk Meredam Radikalisme Pelajar

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Definisi, dan Fungsinya

PTK merupakan singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas, adalah bentuk refleksi diri kolektif yang didahulukan oleh para partisipan dalam situasi sosial dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, rasionalitas, keadilan pada persoalan sosial, atau praktik pendidikan (Kemmis dan Taggart (1988).

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah riset tindakan yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Dalam paparannya, Sandi Aji Wahyu Utomo, M.Pd. narasumber workshop hari itu menjelaskan bahwa tindakan tersebut bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas.

Berikut adalah rincian fungsi dari Penelitian Tindakan Kelas yang dipaparkan oleh Sandi;

  1. Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah
  2. Membantu guru dan tenaga kependidikan mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.
  3. Meningkatkan  sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan
  4. Menciptakan sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan/pembelajaran secara berkelanjutan.

Sesi selanjutnya adalah praktek riset  tindakan kelas. Di sesi ini peserta dibimbing oleh Inayatul Latifah, M.Pd narasumber kedua. Mereka belajar melakukan tahapan demi tahapan penelitian mulai dari penentuan judul, menyusun latar belakang masalah, Pra PTK, hingga indikator penelitian. (Naeli Rokhmah)

Baca juga Workshop Sekretaris MWCNU Tingkatkan Kualitas Administrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button