Taushiyah

Doa Hadlratussyekh Hasyim Asy’ari Sebagai Spirit Khidmat

Doa yang masyhur dari Hadlratussyekh Hasyim Asy’ari hendaknya senantiasa sebagai Spirit Khidmat pengurus Nahdlatul Ulama (NU), Lembaga dan Badan Otonom. Hal itu disampaikan Rais Syuriyah PCNU Cilacap KH Suada Adzkiya saat memberikan taushiyah pada acara Silaturahmi PCNU, Lembaga dan Badan Otonom NU Cilacap, Kamis (19/05/2022) di Aula Gedung pusdiklat PCNU Cilacap.

Doa Hadlratussyekh yang masyhur tersebut berbunyi; Sopo Kang gelem ngurusi NU, tak anggep santriku. Sopo kang dadi santriku, tak dungakno husnul khotimah sa’ dzurriyahe (Siapa yang mau ngurusi NU, saya anggap santriku. Siapa yang jadi santriku, saya do’akan husnul khotimah beserta keturunannya).

KH Suada Adzkiya menegaskan spirit di balik doa tersebut khususnya kepada jajaran oengurus NU, Lembaga dan Badan Otonom NU untuk meningkatkan khidmat (pengabdian).

Menurutnya, dalam doa Hadlratussyekh Hasyim Asy’ari tersebut, kata “kang gelem ngurusi NU” (yang mau mengurusi jamiyyah Nahdlatul Ulama) tidak terbatas hanya untuk para pengurus NU.

“Pengurus NU menjadi bagian yang dimaksud dalam doa Hadlratussyekh. Tapi, konteks ngurusi dalam doa tersebut tentu tidak terbatas bagi seorang pengurus NU, sebagaimana jelas dinyatakan dalam kalimat “sapa kang gelem ngurusi NU,” ungkap Mbah Suada Adzkiya.

Nyata Ngurusi NU

Dicontohkan oleh KH Suada Adzkiya seperti halnya para Petugas Lapangan Penjemput KOIN NU (PLPK) yang berada di lapangan. Sebagian dari mereka tidak termasuk dalam jajaran pengurus NU. Melainkan bertindak sebagai petugas yang ngurusi program KOIN NU.

“Mereka para PLPK termasuk yang disebut-sebut oleh Hadlratussyekh Hasyim Asy’ari dalam doanya. Karena mereka berada dalam urusan NU (kegiatan organisasi NU) yang nyata,” tegasnya.

Baca juga : PLPK, Petugas Lapangan Penjemput Koin NU

Oleh sebab itu, lanjut KH Suada Adzkiya, kita yang jelas-jelas termasuk di dalam pengurus NU, harus menjaga spirit khidmatnya kepada jamiyyah. Harus lebih nyata dalam ngurusi NU dengan melaksanakan program dan kegiatannya. Seraya berharap, doa Hadlratussyekh Hasyim Asy’ari terus menjadi spirit dalam khidmat.

“Doa Hadlratussyekh Hasyim Asy’ari melebihi segala bentuk khidmat kita. Khidmat kita tidak ada apa-apanya dibandingkan keagungan Doa Hadlratussyekh tersebut. Dan dengan khidmat yang nyata, kita layak berharap termasuk yang didoakan oleh Hadlratussyekh Hasyim Asy’ari,” tegasnya.

Hadir dalam Silaturahmi PCNU beberapa pengurus Lembaga dan Pimpinan Cabang Badan Otonom NU Cilacap. Mereka masing-masing hadir untuk menyampaikan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) tahun 2022.

Baca juga : Biografi Singkat KH Muhammad Hasyim Asy’ari

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button