Catatan Redaksi

Website Berita Nahdlatul Ulama | NU Cilacap Online

Berita Nahdlatul Ulama (NU) yang tersaji di website NU Cilacap Online sebenarnya merupakan kumpulan dari beberapa kategori; memang satu di antaranya adalah kategori berita, namun isinya juga bernuansa artikel.

Nahdlatul Ulama merupakan salah satu Organisasi terbesar yang ada di Indonesia. Maka menjadi wajar bila NU Cilacap juga mempunyai sarana yang maksimal untuk menunjang keberlangsungan organisasi. Salah satu sarana atau fasilitas yang didirikan Nahdlatul Ulama (NU) Cilacap adalah media massa online yang digunakan sebagai penyebar berita dan informasi berupa website.

Berita NU Cilacap

Tidak semua artikel tentang Nahdlatul Ulama (NU) tersaji dalam bentuk berita; mengingat website NU Cilacap Online juga mengakomodir artikel ilmiah; baik yang ringan maupun yang lebih berbobot.

Dari mana sumber berita Nahdlatul Ulama (NU) ? Terutama berasal dari kegiatan NU Cilacap; juga dari Lembaga NU dan Badan Otonom NU. Dan itu tersaji sesuai dengan tingkatan struktur yang ada.

Website NU Cilacap Online mengakomodir semua berita lokal kegiatan yang dilaksanakan, misalnya; oleh Pengurus Lembaga NU, Pengurus MWCNU, Pengurus Ranting NU, juga Pengurus Anak Ranting NU; juga kegiatan oleh Badan Otonom Nahdlatul Ulama ( Banom NU) pada tingkatan struktur yang ada.

Untuk kurun waktu yang cukup lama, akomodasi atas berita yang dipublikasikan memang bernuansa lokal, ya di seputaran wilayah Kabupaten Cilacap. Namun, terkadang juga mempublikasikan berita ke-NU-an yang berskala nasional.

Nahdlatul Ulama: Sumber Berita

Nahdlatul Ulama (NU) sendiri dengan segala aktifitas dan kegiatannya, telah menjadi sumber dan inspirasi berita oleh media-media bersakala nasional. Tidak sulit untuk mencari media online nasional yang menempatkan NU sebagai headline berita nasional.

Di Website Online, mereka, misalnya menggunakan tagline “Berita Nahdlatul Ulama Hari Ini – Kabar Terbaru Nahdlatul Ulama Terkini”; ada juga dengan “Berita Harian Nahdlatul Ulama”, juga “Berita dan Informasi Nahdlatul Ulama Terkini dan Terbaru” ditambah dengan kata  “Hari Ini”. Juga ada yang menggunakan kalimat “Kumpulan Berita NAHDLATUL ULAMA Terbaru Hari Ini”, atau sekadar dengan tag “Nahdlatul Ulama”.

Mengapa ini terjadi ? Ya, karena NU adalah sumber berita; NU sudah menjadi referensi pemberitaan oleh media-media lokal, regional hingga nasional. Selain itu, NU juga berperan sebagai penyeimbang informasi terutama untuk isu-isu internasional dan nasional. Sebagai penyeimbang informasi, NU sering menjadi rujukan.

Inilah salah satu kekuatan NU di level media nasional. Kekuatan tersebut semakin menemukan titik singgungnya manakala sebagai organisasi, Nahdlatul Ulama (NU) sering menjadi sasaran berita-berita yang tidak valid, tidak proporsional, hingga berita yang bernuansa fitnah maupun terbukti hoax.

Website Berita NU

Bagaimana dengan website, portal media online, situs berita oleh Nahdlatul Ulama (NU) sendiri? Nahdlatul Ulama (NU) adalah sebuah organisasi terbesar di Indonesia, maka dari itu, NU mendirikan media-media massa yang digunakan sebagai penunjang dalam menyebarkan informasi kepada para anggotanya.

Diawali dengan mendirikan sebuah majalah bernama Suara Nahdlatul Ulama, NU melanjutkanya dengan mendirikan media cetak yang lain. Hingga akhirnya memasuki dunia digital, NU juga turut mendirikan media massa yang sesuai zamannya.

Mari kita lihat. Di level Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kita mengenal NU Online; situs keislaman paling populer di Indonesia.  Nahdlatul ulama mendirikan media massa pada awal tahun 1930-an, Suara Nahdlatul Ulama menjadi media cetak pertama. setelah itu juga didirikan berbagai media cetak yang bertahan hingga akhir tahun 1990-an.

Kemudian muncul era digital yang membuat NU juga mendirikan media massa yang sesuai zamannya yakni NU Online. NU Online didirikan tahun 2003 dan terus mengalami perkembangan yang baik. Ditunjukkan dengan predikat yang disandang sebagai situs terbaik pada tahun 2005 NU Online terus mngalami perkembangan yang baik. Tahun 2007 dimana kemudahan dalam berinternet semakin mudah, turut juga menyumbang bagi perkembangan NU Online.

Berita NU Masa Depan

Sebagai organisasi yang padat informasi, berita dan kegiatan, website atau situs Nahdlatul Ulama (NU) berusaha menyediakan informasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kedamaian, toleransi, moderat dan keadilan.

Fungsi website berita Nahdlatul Ulama (NU) juga menjadi sarana penyebarluasan kebijakan, sikap, maupun kegiatan di lingkungan NU. Selain itu, juga mengajarkan dan mengarahkan warga NU dan masyarakat luas untuk berinternet secara sehat; juga Memberi panduan dalam pengembangan dunia maya di lingkungan NU.

Munculnya beragam jenis situs dan website berlatarbelakang organisasi NU, Lembaga dan Badan Otonom NU menjadi embrio bagaimana penampakan berita NU Masa Depan. Saat ini, di beberapa level pengurus wilayah NU, juga Lembaga dan Badan Otonom, sudah memiliki website. Juga bebrapa pengurus cabang NU istimewa di luar negeri.

Lantas bagaimana berita NU di masa depan? Semua sedang menuju ke sana; bersamaan dengan peningkatan infrastruktur dan sumber daya manusianya; termasuk yang diperjuangkan oleh NU Cilacap Online. [Redaksi]

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button