Badan Otonom NU

Badan Otonom NU adalah perangkat organisasi Nahdlatul Ulama berbasis usia dan profesi, memiliki struktur organisasi, pengurus, anggota, fungsi, dan peran, Banom NU melaksanakan kebijakan NU yang berkaitan dengan kelompok masyarakat tertentu. beranggotakan perorangan.

Sebutan untuk struktur organisasi Banom NU adalah Pimpinan Cabang, di level Kabupaten. Pimpinan Ranting di level Desa/Kelurahan. Pimpinan Anak Cabang di level Kecamatan / MWCNU. PCNU Cilacap kokoh berdiri bersamaan dengan Pengurus Banom NU nya.

Organisasi Islam Aswaja NU Cilacap memiliki beberapa Perangkat Organisasi Nahdlatul Ulama (Badan Otonom) di tingkat Cabang yang aktif. Dalam pengertian ada secara strktur dan kegiatan nya. Banom NU Cilacap dengan jenis keanggotaan berdasarkan umur adalah antara lain; Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor NU, IPNU, IPPNU, dan PMII. Sedangkan jenis Badan Otonom yang berdasarkan latar belakang profesi adalah: ISNU, PERGUNU, JATMAN, JQH, SARBUMUSI, dan Pagar Nusa.

Sesuai namanya, Struktur Badan Otonom NU memiliki otonomi untuk mengurusi rumah tangga organisasinya masing-masing. Namun secara prinsip Islam Aswaja dalam hal Akidah, Muamalah, Syariah, Ibadah, serta dalam konteks NKRI, terikat dengan AD/ART NU dan Peraturan Organisasi NU. Ini berlaku untuk pengurus maupun anggotanya.

Salah satu Fungsi Badan Otonom, adalah menyemai ajaran Islam Ahlussunah Wal Jamaah di lingkungan mereka. Baik untuk Pengurus Banom NU, maupun anggota masing-masing. Mereka juga memiliki hierarki struktur organisasi dari Pimpinan Pusat hingga Pimpinan Anak Ranting.

Sebagai Organisasi Otonom, diberi peran, tugas dan kewenangan langsung dari Pimpinan di atasnya. Dalam konteks hubungan dengan Organisasi NU, diberi tugas, mandat dan instruksi secara khusus dan berkelanjutan. Untuk kebijakan dan keputusan tertentu, Fungsi Peran Badan Otonom menjadi kepanjangan tangan NU

Halaman ini berisi kumpulan berita kegiatan Badan Otonom Nahdlatul Ulama Cilacap yang disajikan melalui media online Situs Organisasi Islam Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja)

Back to top button