Dokumentasi

Awal Bulan 1 Muharram 1443 H Bertepatan 10 Agustus 2021

Kapan Awal Bulan tanggal 1 Muharram 1443 H tiba? Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan bahwa 1 Muharram 1443 H bertepatan dengan 10 Agustus 2021. Pengumuman disampaikan melalui Surat Resmi Lembaga Falakiyah PBNU Nomor: 024/LF-PBNU/VIII/2021 tertanggal 30 Dzulhijjah 1442 H / 8 Agustus 2021.

Pengumuman Lembaga Falakiyah PBNU tentang Awal Bulan tanggal 1 Muharram 1443 berisi antara lain; Telah dilaporkan penyelenggaraan rukyatul hilal pada Ahad Legi 29 Dzulhijjah 1442 H/8 Agustus 2021 M. Laporan tiap lokasi rukyat yang menyelenggarakan rukyatul hilaldan bahwa seluruh lokasi tidak melihat hilal.

Sebagai tindak lanjutnya maka awal bulan Muharram 1443 H bertepatan dengan Selasa Pon 10 Agustus 2021 M (mulai malam Selasa) atas dasar istikmal (bulan sebelumnya disempurnakan menjadi 30 hari).

Istikmal adalah penyempurnaan bilangan bulan hijriyah menjadi tiga puluh hari (khususnya Sya’ban, Ramadhan dan Dzulqa’dah). Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Muhammad SAW, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :”Berpuasalah kamu karena melihat hilal dan berbukalah kamu karena melihat hilal. Bila hilal tertutup awan atasmu maka sempurnakanlah bilangan bulan Syakban menjadi tiga puluh.

Demikianlah, atas dasar Istikmal, Lembaga Falakiyah PBNU juga menggenapkan bilangan DzulHijjah 1442 H menjadi 30 hari. LF PBNU mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan partisipasi Nahdliyin dalam penyelenggaraan rukyatul hilal ini.

Artikel Terkait

Kemudian, jajaran Lembaga Falakiyah PWNU dan PCNU se-Indonesia diharapkan bertindak aktif untuk menyebarluaskan pengumuman awal bulan Muharram 1443 H ini kepada warga Nahdlatul Ulama khususnya jajaran pengurus di wilayah / cabangnya masing-masing.

Seiring telah masuknya Almanak Hijriyyah Nahdlatul Ulama ke dalam bulan Muharram 1443 H, maka Lembaga Falakiyah PBNU mengajak kita semua untuk membaca doa sebagai berikut ini:

الله أكبر، اللهم أهله علينا بالأمن والإيمان، والسلام والإسلام، والتوفيق لما تحب و ترضي، ربي وربك الله

Artinya; “Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, kemampuan untuk mengamalkan apa yang Kau suka dan restui. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”

Surat Pengumuman Awal Bulan tanggal 1 Muharram 1443 ditandatangani oleh Lembaga Falakiyah Pengurus  Besar Nahdlatul Ulama KH Drs Sirril Wafa (Ketua) dan H Nahari Muslih SH., (Sekretaris).

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap dan segenap crew NU Cilacap Official Media divisi Website Organisasi mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah.

Kapan 1 Muharram 1443 H

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × five =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button