Catatan Redaksi

Alhamdulillah 2021, Selamat Tahun Baru, Bismillah 2022

Dengan mengucap Alhamdulillah, Kami ungkapkan syukur atas telah terlewatinya tahun 2021; dan dengan mengucap Bismillah, kami ungkapkan tekad menuju tahun 2022; semoga senantiasa dalam Ridha Allah SWT; tidak lupa Kami sampaikan Selamat Tahun Baru 2022 untuk pengunjung dan pembaca setia Situs Islam Aswaja NU Cilacap Online [Redaksi].

Selamat Tahun Baru 2022

Pergantian tahun hakikatnya adalah pergantian waktu sehubungan selesainya siklus sebuah perhitungan kalender. Angka angka di kalender sendiri relatif ajeg, tetap. Pun demikian nama-nama bulan di dalamnya. Jadi, pergantian itu pun sejatinya peristiwa dan moment yang bersifat biasa.

Yang kadang menjadi luar biasa dan di luar kebiasaan adalah persepsi dan cara sebagian orang dalam memeringati pergantian tahun. Tidak sedikit yang menjadikannya moment khusus. Banyak pula yang melaluinya dengan tanpa perayaan apapun. Bahkan tanpa ucapan Selamat Tahun Baru, misalnya.

Melalui kesempatan ini Redaksi NU Cilacap Online tidak akan memperpanjang kontroversi dan pro – kontra tentang peringatan dan perayaan tahun baru. Melainkan hendak memosisikan diri pada posisi yang proporsional, sewajarnya, tidak antipati atau bahkan euforia berlebihan.

Artikel Terkait

Perintah dan Hakikat Syukur

Dengan Alhamdulillah tahun 2021 sudah terlewati. Kita sudah sewajarnya bersykur. Allah SWT berfirman yang artinya: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri.” [Surat Lukman: ayat 12]

Allah subhânahu wata’âlâ memerintahkan agar kita semua bersyukur kepada-Nya. Perintah ini tidak berarti bahwa Allah membutuhkan ungkapan syukur dari manusia. Tanpa manusia bersyukur kepada-Nya, Allah tetaplah Tuhan yang Maha Kaya, Terpuji dan Berkuasa atas seluruh alam ini.

Perintah syukur itu sesungguhnya untuk kepentingan dan kebaikan manusia sendiri sebab Allah akan menambah nikmat-Nya kepada manusia apabila manusia bersyukur kepada-Nya [ Lihat Surat Ibrahim: Ayat 7].

Hakikat syukur dapat juga berarti pujian terhadap orang yang berbuat baik dengan menyebut kebaikannya. Dengan demikian, syukur seorang hamba kepada Allah adalah pujian kepada Allah dengan menyebut kebaikan-Nya. Sedangkan syukur Allah kepadanya berupa pujian Allah dengan menyebut kebaikan hamba-Nya.

Dengan Bismillah, mari kita masuki tahun 2022 dengan penuh harapan kepada Allah SWT; kiranya perkenanNYA akan senantiasa mengiringi usaha dan langkah kita menempuhi kehidupan ke depan. Bismillah sebagai kalimat yang diucapkan sebelum memulai kegiatan memiliki makna yang sangat penting bagi seorang muslim. Hakikat basmalah sesungguhnya adalah pernyataan kepercayaan Tuhan terhadap manusia sebagai khalifah di muka bumi. Perintah membaca basmalah setiap akan melakukan sesuatu, mengingatkan diri kita sebagai representasi Tuhan. Karena itu, dibaca bismillah (atas nama Allah). Dalam ungkapan basmalah terdapat niat.

Tentu, Kami memiliki niat yang baik, hubungannya dengan masa depan website Islam Aswaja ini; sebagimana sudah banyak tertuang dalam tulisan sebelumnya; bersama seluruh jajaran tim NUCOM dan Kontributor. Semoga Allah SWT meridhoi. Aamiin.

Selamat Tahun Baru 2022.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

13 − three =

Baca Artiikel Rekomendasi Lainnya
Close
Back to top button