Daerah

5 Pejabat Tinggi Pratama Dilantik, Ini Pesan Bupati Cilacap

Lima Pejabat Tinggi Pratama dilantik 5 orang pejabat dilantik oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Mereka dilantik untuk mengisi kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama pada sejumlah Organisasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menjadi pejabat, harus bisa membawa diri. Mengatur dirinya sendiri. Temata, temua, dan rumangsa, inilah pesan  Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat  melantik lima pejabat pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selevel Kepala Dinas di kabupaten Cilacap. Pada Jumat (15/7/2022), kemarin.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang bertempat di Pendopo Wijayakusuma Cakti. Pada kesempatan itu, Bupati Cilacap Tatto mengucapkan selamat pada para pejabat terlantik. Ia juga menyampaikan pesan agar mereka bekerja sungguh-sungguh untuk kemajuan pembangunan.

“Seorang pejabat harus self control, selain mengontrol dirinya sendiri juga harus bisa mengontrol bawahannya. Temata, temua, dan rumangsa.” pesan bupati Cilacap.

Bupati juga meminta kepada pejabat terlantik untuk segera adaptasi lingkungan baru. Mengingat, masih banyak pekerjaan yang sebelumnya sempat terbengkalai akibat Pandemi Covid-19.

“Saya kira para pejabat terlantik tidak perlu diajari, karena sudah mempunyai pengalaman selama bekerja,” katanya.

Baca Juga : Wakil Bupati Cilacap Kunjungi Vaksinasi MWCNU Karangpucung

Para pejabat yang dilantik yakni Wahyu Ari Pramono sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Bambang Tujiatno Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta), dan Ferry Adidarma Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Kemudian Paiman Sahlan sebagai Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dan Bintang Dwi Cahyono Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades).

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap, Warsono mengemukakan, pelantikan tersebut merupakan tindak lanjut Uji Kompetensi Terbuka dan Kompetitif melalui Metode Assessment untuk JPT Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

“Dalam pelaksanaanya bekerjasama dengan Biro Layanan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dari tanggal 5 sampai 8 Juni 2022.”

“Selanjutnya Uji Gagasan dilaksanakan oleh Panitia Seleksi dan hasilnya dilaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan rekomendasi.” katanya.

Meski demikian, lanjutnya sebagaimana dilangsir cilacapkab.go.id masih ada dua OPD yang masih mengalami kekosongan JPT Pratama, yakni Dinas Perikanan dan Dinas Pangan dan Perkebunan.

“Rekomendasi dari KASN sudah muncul 7 OPD yang dipanselkan tanggal 14 Juli 2022. Lima diantaranya, Pak Bupati mengarahkan memilih dan melantik , sementara dua lainnya supaya mengevaluasi. Nanti Pansel yang akan mengevaluasi,” terang Warsono.

Wakil ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap, Insan Indah Pribadi berharap pada pejabat terlantik semoga bisa mengemban amanah membawa Cilacap lebih baik.

“Kami berharap dengan pejabat baru terlantik bisa bersama, bersinergi wujudkan Cilacap menjadi lebih baik. Doa kita bersama,”. harapnya. (Imam Hamidi Antassalam)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button