Ranting NU

17 Ranting NU Di Majenang Dilantik, Ini Pesan Ketua NU Cilacap

17 Pengurus Ranting NU Masa Khidmah 2020-2025 di wilayah pengkhidmatan MWCNU Majenang dilantik oleh Ketua Pengurus Cabang NU Cilacap KH Drs Nasrullah Muchson M.H., Jumat, 13 Syaban1442 H, 26 Maret 2021 M di Gedung SMK Diponegoro Majenang.

Ke 17 Ranting NU yang dilantik terdiri dari Pengurus Ranting NU Cilopadang, Padangsari, Padangjaya, Sindangsari, Mulyasari, Mulyadadi, Jenang, Pahonjean, Cibeunying, Salebu, Bener, Boja, Sepatnunggal, Sadabumi, Sadahayu, Pengadegan dan Ujungbarang.

Kepada NUCOM, NU Cilacap Official Media, Sekretaris MWCNU Majenang, Ali Mansyur M.Pd.I., mengatakan, peserta pelantikan terdiri dari Rois Syuriyah, Katib, Ketua Tanfidziyah, Sekretaris, Bendahara Pengurus Ranting NU dengan perwakilan 5 orang tiap ranting dari unsur Syuriyah NU dan Tanfidziyah.

“Acara Pelantikan Pengurus Ranting NU dengan tema Upaya Memperkuat Jamiyah NU Menuju Kemandirian Organisasi yang Bermanfaat Bagi Masyarakat tersebut, diawali dengan pembukaan, pembacaan qur’an, menyayikan lagu Indonesia Raya dan Subhanol Wathon dan sholawat badar.” kata Ali Mansyur.

Ketua PCNU Cilacap KH Drs Nasrullah Muchson M.H
Ketua PCNU Cilacap KH Drs Nasrullah Muchson M.H (tengah) bersama Jajaran Syuriyah NU dan Tanfidziyah MWCNU Majenang pada pelantikan 17 Ranting NU Di Majenang (Foto: Dok. Sekretariat NU Majenang)

Prosesi pelantikan dengan diawali pembacaan SK PCNU Cilacap tentang pengesahan Pengurus Ranting NU Se MWCNU Majenang oleh Wakil Sekretaris PCNU Cilacap Banu Tholib, M.Pd.I dan dilanjutkan dengan Baiat dan Khutbah Pelantikan oleh Ketua PCNU Cilacap, KH Drs Nasrullah Muchson M.H.

Ranting NU Sebagai Penggerak

KH Drs Nasrullah Muchson M.H., atau yang akrab disapa Gus Nas, menyampaikan beberapa pesan. Menurutnya, penguatan organisasi dalam semua program harus melibatkan steak holder Ranting NU.

“Pengurus Ranting NU adalah garda terdepan dalam upaya memajukan organisasi sekaligus menjadi benteng terhadap upaya-upaya untuk melemahkan organisasi dan bangsa,” tegas Gus Nas seraya mengingatkan bahaya rongrongan bangsa yang sudah masuk level Desa di mana Ranting NU berada.

Bagi Gus Nas, Ranting NU memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai pencapaian prestasi yang disandang PCNU Cilacap.

“Karena Rantinglah yang bersentuhan langsung dengan umat sebagai penggerak, sebagai eksekutor sehinga program-program PCNU Cilacap dan PWNU Jawa tengah dapat terlaksa dengan baik, seperti Program SISNU, KARTANU, PKPNU, Gerakan Koin Gocap, KBIH dan lain sebagianya,” tegas Gus Nas

Baca Juga : 100 Peserta Ikuti Pengobatan Gratis Ranting NU Boja Majenang

Gus Nas mengajak kepada 17 Ranting NU di majenang, juga kepada Pengurus MWCNU dan Lembaga NU Majenang, para Pimpinan Badan Otonom NU di wilayah Anak Cabang Majenang,

“Mari kita rapatkan barisan, untuk bersam-sama menyongsong 1 Abad NU tahun 2026 dengan melaksanakn program-program prioritas yang akan memperkuat kemandirian organisasi dan membawa kemanfaatan di tengah masyarakat,” katanya.

Selain dihadiri oleh Pengurus Cabang NU Cilacap, pelantikan 17 Ranting NU di Majenang dihadiri oleh jajaran Pengurus MWCNU Majenang, seperti KH. Drs. Musbihin Hasyim, MM (Rois Syuriyah ), Ky. Maskur (Wakil Rois Syuriyah), Buya KH. Mazin Al hajar (Katib Syuriyah ), KH. Hizbulloh Huda, SH (Ketua Tanfidziyah NU Majenang) dan Ali Mansur, M.Pd.I (Sekretaris).

17 Ranting NU Di Majenang
Pengurus 17 Ranting NU Di Majenang Menghadiri Pelantikan dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Foto. Dok. Sekretariat NU Majenang)

Dalam sambutannya, Ketua MWCNU Majenang KH. Hizbulloh Huda, SH mengatakan elantikan yang seharunya dilakukan tahun 2020 belum dapat terlaksana, karena adanya pandemi covid 19 dan baru terlaksana saat ini dengan menerapkan protokol kesehatn yang ketat.

Program Prioritas Ranting NU

KH. Hizbulloh Huda, SH yang biasa disapa Gus Huda, menegaskan, dalam menjalankan roda organisasi kunci utama adalah komunikasi, koordinasi dan sinergi dengan berbagai unsur yang ada.

“Setelah dilantik diharapkan Ranting NU dapat melaksanakan program-program prioritas yang bersinergi dengan program MWCNU, PCNU, PWNU ataupun PBNU, serta program yang bena-benar dirasakan kemanfaatnay oleh masyarakat,” pesan Gus Huda.

Gus Huda lebih lanjut mengajak kepada pengurus NU dan Badan Otonom NU se MWCNU Majenang untuk serta bersama-sama melakukan upaya percepatan realisasi program kerja. Dia menyebutkan, antara lain program yang sebelumnya yang telah dilaksanakan, seperti pengadaan tanah dan pembangunan gedung bersam MWCNU Majenang.

Baca Juga : Pengurus MWCNU Majenang Masa Khidmat 2018-2023

Di akhir sambutannya, Gus Huda kembali menyinggung pentingnya hirarki komando di Organisasi NU.

“Sebagai pelaksana hierarki komando pimpinan Nahdlatul mari kita laksanaka titah tersebut dengan penuh perhikmatan serta menjadi penyejuk di tengah masyarakat dengan memberikan teladan yang baik sehingga citra NU semakin diterima oleh masyarakat, bangsa bahkan dunia,” ungkapnya.

Selain 17 Ranting NU Di Majenang yang dilantik, pada saat yang sama juga dilaksanakan Pelantikan Pengurus MWCNU Majenang Antar Waktu,  yakni pada jabatan Ketua Tanfidziyah IV di mana posisi Almarhum Ade Karjono, S.Sos dijabat oleh Fatah Nurdin, S.Pd.I.

Kontributor: Badrus Soleh Bin Kosim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 − nine =

Back to top button