Bagikan dan Rekomendasikan

Visi dan Misi PCNU Cilacap Masa Hidmah 2018-2023 ditetapkan melalui Konferensi Cabang tahun 2018 yang lalu. Sesuai dengan definisinya, maka visi merupakan pandangan jauh ke depan tentang Nahdlatul Ulama. Visi juga dapat di artikan sebagai tujuan organisasi Nahdlatul Ulama dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya tersebut pada masa yang akan datang atau masa depan.

Visi dan Misi PCNU CilacapKonfercab NU Cilacap tahun 2018 menyepakati Visi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap sebagai berikut: “Menjadi organisasi yang kuat, mandiri dan responsif, menuju masyarakat Cilacap yang berkeadaban dan sejahtera”

Organisasi NU yang kuat adalah sebuah kebutuhan yang niscaya. Modal kekuatan yang telah dimiliki baik kekayaan material maupun sumber daya manusia mutlak untuk diperkuat sehingga memiliki dampak positif bagi kekuatan organisasi.

Organisasi NU yang mandiri dibangun atas azas keswadayaan di mana kekuatan ke arah kemandirian harus digali dan diberdayakan. Organisasi NU memiliki kekayaan tersembunyi yang masih mengendap dalam diri warga NU itu sendiri, sehingga jika dilakukan eksplorasi lebih lanjut, ditangani secara profesional, bisa menopang kemandirian organisasi.

Organisasi NU juga harus menjadi organisasi yang responsif, peka dan tanggap terhadap kebutuhan organisasi itu sendiri, maupun kebutuhan dalam rangka menjawab tantangan dari masyarakat. Daya respons yang tinggi mencerminkan akseptabilitas organisai atas semua yang berkembang di masyarakat, yang dengannya, organisasi NU mengambil peran yang mendatangkan valeu dan benefit sekalgus, atau nilai dan manfaat

Visi dan Misi PCNU Cilacap Masa Hidmah 2018-2023 ditetapkan bersamaan dengan ikhtiar membangun masyarakat Cilacap yang berkeadaban dan sejahtera. Telah dirumuskan sedemikian rupa, bahwa misi Misi PCNU Cilacap adalah sebagai berikut:

  1. Menguatkan gerakan penyebaran ideologi dan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah seiring dengan penguatan tradisi dan nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Mengembangkan ragam penghidmatan berkelanjutan dengan sinergi kelembagaan yang kuat dan mengoptimalkan peran dan kinerja pengurus
  3. Meningkatkan kualitas SDM NU melalui perwujudan pendidikan yang berkualitas, kaderisasi yang berkelanjutan, penguatan ekonomi kerakyatan dan pemberdayaan politik warga
  4. Menggali dan meningkatkan pemanfaatan potensi, mengamankan dan mengembangkan aset untuk menguatkan kemandirian organisasi dan warga NU.
  5. Memengaruhi secara timbal-balik kepada para-pihak dalam menyusun kebijakan publik agar produk kebijakan yang dihasilkan nyata berpihak kepada kepentingan masyarakat dalam mewujudkan rasa keadilan.

Demikian Visi dan Misi PCNU Cilacap Masa Hidmah 2018-2023 kiranya bisa menjadi lebih dari sekedar dokumentasi organisasi, melainkan bisa menjadi ruh sekaligus nafas perjuangan dan penghidmatan oleh Organisasi NU, Badan Otonom dan para pihak yang concern dengan pengembangan organisasi NU. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap wajib memedomani Visi dan Misi ini dalam menjalankan program dan kegiatannya.