Rabu 16 Nopember 2011, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama / MWC NU Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara akan melakukan “Study Banding” ke PCNU Kabupaten Cilacap, demikian seperti disampaikan Pengurus MWC NU Susukan dalam surat resminya yang ditandatangani oleh unsur Syuriyah dan Tanfidliyah. Menanggapi hal itu, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Cilacap menyambut baik rencana tersebut. Drs. H. Suyono, Bendahara PCNU Cilacap,  meminta kepada sekretariat PCNU Cilacap untuk mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan materi “Study Banding” tersebut, sesuai dengan permohonan mereka. “Untuk memberikan kesepahaman tentang materi study banding, nanti kita adakan rapat internal PCNU guna persiapan penyambutan”, katanya.

Beliau juga mennyampaikan, bahwa agenda semacam ini tentu lebih dari sekedar ajang silaturrahmi. Ada kemauan dan tekad yang kuat dari mereka untuk membangun organisasi Nahdlatul Ulama dengan cara bertukar fikiran tentang bagaimana seharusnya membangun dan mengembangkan NU. Bahwa MWC NU Susukan memilih PCNU Cilacap, ini juga merupakan tantangan bagi internal PCNU Cilacap untuk memberikan informasi keorganisasian sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Amiruddin, aktifis MWCNU Susukan mengkonfirmasi melalui telepon; sekurang-kurangnya ada 20 orang Pengurus MWC NU Susukan yang akan ikut serta dalam agenda Study Banding tersebut. Mereka terdiri dari Unsur Syuriyah dan Tanfidliyah. Adapun materi study banding antara lain tentang tugas pokok, fungsi dan peran Syuriyah dan Tanfidliyah. Selain itu, diharapkan PCNU Cilacap bisa memberikan informasi tentang Aturan main dan tata administrasi organisasi Nahdlatul Ulama.