Rekomendasi Halaqah Pimpinan Pondok Pesantren Se-Jawa Tengah. Pimpinan pondok pesantren se-Jawa Tengah dalam acara ‘Halaqah Pengembangan Leadership Pimpinan Pondok Pesantren’ yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Agama Islam Kemenag RI di Hotel Aston Semarang (12-14/6) sepakat memberikan rekomendasi kepada pemerintah dan pondok pesantren.

Rekomendasi Halaqah Pimpinan Pondok Pesantren Se-Jawa Tengah. sebagai berikut:

  1. Kepada Pemerintah
  1. Pemerintah hendaknya melakukan pendataan pondok pesantren yang mengajarkan paham Islam radikal, sekaligus memberikan tindakan tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  2. Pemerintah diharapkan mengafirmasi dan membantu pondok pesantren yang mengajarkan paham Islam moderat dan tidak bertentangan dengan ideologi NKRI.
  3. Mengacu kepada UUD 45 pasal 31 ayat 1 dan 2, hendaknya pemerintah memberikan perhatian lebih kepada lembaga-lembaga pendidikan swasta termasuk di dalamnya pondok pesantren yang telah terbukti memberikan kontribusi besar dalam upaya mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.
  4. Gerakan nasional “Ayo Mondok” perlu didukung oleh Kementerian Agama untuk lebih memperkenalkan pondok pesantren kepada masyarakat kelas menengah, kaum muda, dan masyarakat perkotaan.
  1. Kepada Pimpinan Pondok Pesantren
  1. Gerakan Nasional “Ayo Mondok” harus dibarengi dengan kesiapan pondok pesantren untuk menampung santri dari berbagai segmen dan kelas sosial masyarakat.
  2. Untuk memudahkan membangun jaringan (networking) dan mensosialisasikan pondok pesantren kepada masyarakat luas, diharapkan semua pondok pesantren memiliki situs resmi berupa website/blog yang memuat portofolio pondok pesantren.
  3. Dalam menghadapi tantangan global, pondok pesantren seyogyanya melakukan langkah-langkah strategis dengan pengayaan layanan jenis pendidikan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Follow, Share and Like:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
Google+
http://pcnucilacap.com/rekomendasi-halaqah-pimpinan-pondok-pesantren-se-jawa-tengah/