Program Kartu Muadzin Sehat (KMS) merupakan Program Jaminan Kesehatan dan Sosial yang diprakarsai dan dikelola oleh Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Cilacap, yang diperuntukan bagi para Muadzin guna meningkatkan kapasitas Muadzin khususnya dalam hal kualitas hidup dan kesehatan.

Sekretaris Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama Cilacap Rubino Sriadji, S.Psi., M.Si. menyatakan, kegiatan Kartu Muadzin Sehat (KMS) memiliki tujuan untuk memuliakan Muadzin melalui peningkatan kapasitas dan kualitas hidup sehat, dengan prinsip Berkah-Memberkahi.

“Kartu Muadzin Sehat (kMS) berlaku selama 1 tahun , dan akan diperpanjang sesuai dengan  ketentuan yang diberlakukan. Bagi Muadzin yang sudah berkeluarga, untuk  ketentuan istri dan anak akan dijamin kesehatan melalui Kartu Muadzin Sehat (KMS) SAMAWA,”

Kartu Muadzin Sehat (KMS) hanya berlaku untuk pengobatan rawat jalan di praktek dokter  klinik/Rumah Sakit yang sudah bekerjasama  dengan pengelola KMS-LKNU Cilacap.

Melalui Kartu Muadzin Sehat, diharapkan bisa meningkatkan derajat ketakwaan para Muadzin, dengan pola hidup sehat yang berkah dan memberkahi.

Menurut rencana, Kartu Muadzin Sehat akan diluncurkan bersamaan dengan pelaksanaan Muskercab 1 tahun 2018 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap, tanggal 15 September 2018.