Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Cilacap akan menggelar Konferensi Cabang (Konfercab-IPNU-XII – IPPNU-XI). Konfercab dilaksanakan tanggal 1-2 Juli 2013 di Gedung SMK Diponegoro Majenang Cilacap. Isdaryanto, Ketua Panitia Konfercab mengatakan bahwa Konfercab merupakan Forum tertinggi organisasi IPNU-IPPNU di tingkat Kabupaten. Konfercab akan diikuti oleh seluruh Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU se Cilacap dan utusan Ranting IPNU-IPPNU.

Sesuai dengan tujuannya, Konfercab akan merumuskan dan menetapkan prinsip-prinsip perjuangan IPNU IPPNU, Garis-Garis Besar Program IPNU-IPPNU, menilai Laporan pertanggungjawaban PC IPNU-IPPNU dan memilih pengurus IPNU IPPNU yang baru.

Konfercab mengamabil tema “Meningkatkan Peran IPNU-IPPNU dalam Upaya Ikut Serta Membina Moral Generasi Muda Bangsa”. Dengan tema ini, ingin digali lebih dalam kontribusi IPNU IPPNU yang lebih aplikatif sesuai aturan main organisasi dengan semangat penegakkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah.

Sebagai Badan Otonom NU, IPNU-IPPNU memiliki fungsi utama sebagai garda terdepan kaderisasi NU sehingga pada saatnya bisa menumbuhkan kader-kader NU dari segmen pelajar. Oleh sebab itu, Konfercab juga memiliki target terumuskannya pola kaderisasi dan pengembanagan serta penguatan kelembagaan organisasi IPNU IPPNU berbasis sekolah-sekolah dan pesantren yang bernanung di bawah Organisasi Nahdlatul Ulama.