KH. Said Aqil Siradj: Peran Ormas Sangat Vital

No comment 143 views

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj, menegaskan peranan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di sebuah negara sangat vital. Tidak sebatas dalam pemberdayaan masyarakat, lebih jauh ormas adalah perekat dalam menjaga keutuhan negara.

“Di Eropa misalnya, jemaat geraja-lah yang menjadi civil society perekat bangsa, dan di Indonesia ada NU, Muhammadiyah, dan ormas-ormas lain yang memiliki komitmen terhadap keutuhan NKRI,” kata Said dalam Halaqoh Ulama bertema NU dan Indonesia: Tantangan ke Depan Perkembangan Umat dan Bangsa’ di Jakarta, Selasa (19/5).

Halaqoh Ulama dilaksanakan dengan menghadirkan sejumlah pengurus wilayah dan cabang Nahdlatul Ulama dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, Kota dan Kabupaten Bekasi, Bogor, dan Depok. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah pengurus Lembaga, Lajnah, dan Badan Otonom di lingkungan PBNU.

Ditambahkan oleh Said, sekuat apa pun sebuah negara tetap membutuhkan peranan ormas. “Di Timur Tengah tidak ada ormas, jika terjadi konflik maka suku yang berhadap-hadapan yang ujung-ujungnya bedil, dan itu pasti berkepanjangan,” tambahnya.

Di mata Said, peranan ormas tidak sebatas membantu pemberdayaan masyarakat dan perekat dalam upaya menjaga keutuhan sebuah negara, akan tetapi juga menjadi benteng moralitas.

“Oleh karena itu salah satu syarat menjadi pemimpin ormas adalah mampu menjaga moral, bukan hanya moral pribadi, tapi juga moral massa ormas yang dipimpin,” tegas Said .

author
Author: 
Admin Website ini adalah seorang Relawan yang berusaha menghadirkan aktifitas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Cilacap secara Online. Salam Perjuangan untuk Penghidmatan yang Berkelanjutan. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya.

Leave a reply "KH. Said Aqil Siradj: Peran Ormas Sangat Vital"