Para calon jamaah haji yang mengikuti bimbingan di bawah KBIH NU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Nahdlatul Ulama) Cilacap hari  Sabtu, 7 Juni 2014 (9 Sya’ban 1435 H) melaksanakan manasik masal yang berpusat di alun-alun Cilacap. Lebih dari 550 orang dari DistrikTimur (Kroya – Kesugihan), DistrikCilacap (kota Cilacap dan Jeruklegi), dan Distrik Barat Majenang – Sidareja) secara bersama-sama akan melaksanakan praktik manasik dengan bimbingan para pembimbing manasik dari Cilacap didampingi pembimbing masing-masing distrik.

Ketua KBIH NU, KH. Suhud Muchson, Lc., dalam suratnya kepada para jamaahnya menyatakan bahwa para jamaah harus sudah berkumpul di alun-alun Cilacap pukul 08.00, menggunakan pakaian ihrom dari distrik masing-masing dan menentukan moqot (batas mulai manasik) dan niat ihrom di distrik masing-masing. Para jamaah juga diminta membawa perlengkapan shalat, membawa air mineral masing-masing, dan mengikuti rute yang telah ditentukan.

Rute manasik massal ini mengambil start di alun-alun Cilacap, Jl. Sudirman, Jl. DI Panjaitan, Jl. MT. Haryono, Jl. Moh.Husni Thamrin, Jl. Ir. H. Juanda, Jl. Damar, Jl. Tentara Pelajar, Jl. Setia Budi, Jl. Lingkar Timur, Jl. Kalimantan, Jl. Dr. Soetomo, Jl. Dr, Wahidin, Jl. Sutoyo, Jl. A. Yani, Lamapangan Wijaya Kusuma, Jl. A. Yani, dan finish kembali di alun-alun.

Tujuan diadakannya manasik massal ini menurut Sekretaris KBIH NU Cilacap, KH. Muchlisuddin Affandi, BA, adalah untuk memberikan gambaran dan bekal yang benar-benar menggambarkan saat ibadah haji di Makkah.

“Para jamaah diminta telah menggunakan pakaian ihrom dari distrik, tidak diperkenankan memakai kaos oblong atau singlet maupun celana pendek” tegasnya.

(Fuad Aljihad/LTNU Cilacap)

Follow, Share and Like:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
Google+
http://pcnucilacap.com/kbih-nu-cilacap-adakan-manasik-masal/