Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) melaksanakan Silaturahmi ke Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Cilacap, Kamis, 8 maret 2012, di Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap. H. Parimin Abdulloh, Ketua DPC PPP Cilacap hadir bersama jajaran Pengurus Harian PPP Cilacap, termasuk di dalamnya Drs Musliman, Rokhim (sekretaris DPC PPP), H. Ahmad Salim, K. Athoillah. Rombongan disambut oleh KH. Maslahuddin, Wakil Ketua PCNU Cilacap dan didampingi oleh KH. Imam Mudaris, Drs. H. Suyono dan KH. M. Sahid Muchson. Dalam Sambutan Selamat Datang, KH. Maslahuddin menyampaikan ucapan terima kasih karena DPC PPP memiliki inisiatif untuk bersilaturrakhmi ke PCNU Cilacap.

“Ini bukan kali pertama Kami mendapatkan kunjungan dari Partai Politik di Cilacap. Sebelumnya juga kita pernah mendapatkan kunjungan dari Partai demokrat. Pada prinsipnya Kami menyambut dengan baik Silaturrahmi ini, karena pasti membawa manfaat,” katanya.

Dikatakan lebih lanjut oleh KH. Maslahudin bahwa NU mencoba membuat garis demarkasi yang sama dengan seluruh Partai Politik yang ada di Cilacap, terlebih dengan Partai yang membawa visi dan misi mempertahankan dan mengembangkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah seperti yang menjadi concern NU.

“Perlu digaris bawahi bahwa NU bukan a-politik, tidak nampik (menolak) politik, tapi NU memiliki norma tersendiri dalam berpolitik yang jelas-jelas berbeda dengan Partai Politik. Sungguhpun berbeda, tentu ada titik temu di dalamnya, termasuk dalam aktifitas politik PPP yang di dalamnya juga banyak kader dan warga NU,” kata KH. Maslahuddin.

H. Parimin Abdulloh menyatakan bahwa ini silaturahmi formal antar-lembaga, yaitu antara DPC PPP dengan PCNU Cilacap. Karena pada beberapa momen informal, sebenarnya silaturrahmi itu juga selalu dijaga. Dia menambahkan; “Maksud Silaturrahmi ini adalah melaksanakan amanah sesepuh PPP, KH. Maemun Zuber, yang dalam beberapa kesempatan dawuh agar elemen PPP Cilacap selalu menjalin silaturrahmi dengan Ulama-Ulama NU, kesepuhan NU dan tentu dengan Organisasi NU nya,” katanya.

Lebih jauh Parimin Abdulloh menyampaikan bahwa antara PPP dengan NU memiliki kedekatan politik dalam sejarahnya. Ini tidak bisa dipungkiri, bahkan sampai saat ini. PPP Cilacap menyadari bahwa mayoritas konstituen dan simpatisan PPP juga adalah warga NU. Bahwa pernah ada gesekan-gesekan politik dalam perjalanannya, itu merupakan hal yang wajar.

“Silaturahmi ini juga hendak menyampaikan pesan bahwa sebisa mungkin, kita (PPP dan NU Cilacap) harus meminimalisir setiap gesekan, terutama pada momen politik seperti Pileg, Pilgub dan Pemilukada. Kita memiliki komitmen untuk menjaga keharmonisan PPP dengan NU. Kita yakin bahwa dengan sinkronisasi pasti ada titik temu. Dan kita ingin memberi teladan kepada warga Kita untuk menjunjung tinggi silaturahmi dan keharmonisan, sungguhpun harus beda pilihan,” katanya.

Drs. Musliman, Anggota Fraksi PPP DPRD Cilacap menambahkan bahwa DPC PPP melalui Fraksinya di Parlemen memiliki komitmen untuk memperjuangkan aspirasi warga NU. “Kami memperjuangkan aspirasi warga NU Cilacap, karena kami peduli dengan warga NU yang notabene adalah warga kami, konstituen kami. Bentuknya sangat banyak, dan mayoritas langsung menyentuh grassroot warga NU,” katanya sambil menunjukkan nomenklatur APBD Cilacap yang diperjuangkan oleh anggota Fraksi PPP.

Mengkahiri Silaturahminya, H. Parimin Abdulloh menyampaikan rasa bahagia bisa berdialog banyak hal dengan PCNU Cilacap. “Suasana dialogis yang akrab semacam ini bisa berlangsung karena ada banyak kesamaan di antara kita; terutama kesamaan kultur sebagai sesama warga NU. Ini pula yang menjadi landasan kami untuk terus membangun komunikasi dengan PCNU dan dengan warga NU. Ke depan, kami juga ingin PPP Cilacap bisa lebih bermanfaat bagi NU,” katanya.

 

Follow, Share and Like:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
Google+
http://pcnucilacap.com/dpc-ppp-silaturahmi-ke-pcnu-cilacap/