Sebelum diselenggarakannya Muktamar Thariqah ke XI di Malang Jawa Timur, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pernah menyelenggarakan Multaqos-Shufi Al Alamy, yaitu Forum Pertemuan Para Sufi dan Mursyid Thariqah se Dunia dalam rangkaian Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama ke 85 beberapa waktu yang lalu. Pertemuan tersebut kemudian menghasilkan apa yang dikenal sebagai “Deklarasi Multaqos Shufi”. Berikut ini Naskah selengkapnya 5 butir “Deklarasi Multaqos Shufi / Forum Sufi Se Dunia”;

Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT penguasa seluruh alam. Menguasai alam rahasia dan alam nyata dengan penuh kasih sayang dan penuh kelembutan. Oleh karenanya kehidupan menjadi bersih, bertabur kedamaian serta penuh dengan aroma kerahmatan. Sebagai ungkapan rasa syukur atas segala anugerah-Nya, kami para shufi dan pimpinan tarekat sedunia yang telah berhasil melaksanakan langkah besar yaitu menyelenggarakan Al Multaqas Shufi Al Alamy ini menegaskan bahwa:

1.   Tasawuf sebagai gerakan moral sangat dibutuhkan dan semakin relevan kehadirannya, terutama saat kita menghadapi goncangan moral seperti sekarang ini. Dengan melalui tasawuf ini mengajak masyarakat selalu berdzikir dan taqarub kepada Allah untuk memperkaya dimensi spiritual dan takan kerukunan sosial.

2.   Kaum shufi dan pimpinan tarekat sedunia akan aktif dalam membangun peradaban dan mengatasi berbagai persoalan masyarakat modern, terutama dalam menciptakan perdamaian dunia. Dengan melakukan tarbiyatur ruh (pemahaman ruhani) dan tazkiyatun nafs (penyucian jiwa). Konflik di dunia Islam dan Timur Tengah khususnya terjadi akibat kekosongan jiwa dan kekeringan spiritual, dan krisis moral. Dengan kembali ke tasawuf ini diharapkan mampu menciptakan kehidupan harmoni di lingkungan keluarga maupun di masyarakat.

3.   Untuk mengatasi krisis lingkungan dan perubahan iklim yang ekstrem ini kaum shufi kembali menegaskan perlunya sikap zuhud, mengingat daya dukung alam ini hampir tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat modem yang makin tamak dan serakah, sehingga mengakibatkan semakin rusaknya lingkungan dan krisis kemanusiaan.

4.   Pemahaman agama yang mendalam serta pengamalan yang penuh terhadap ajaran Islam, dengan derajat kerohanian yang tinggi, diharapkan bisa membuat masyarakat hidup tenteram, tidak mengalami ketegangan dan terjerumus pada konflik dan pertikaian. Seba¬liknya hidup yang penuh makna ini akan membawa ketenteraman, persaudaraan dan memperdalam kedamaian.

5.   Untuk memperkuat tugas dan peran tersebut, maka forum menyepakati dibentuknya organisasi shufi sedunia yang bertugas mengkoordinasikan seluruh peran dan gerak organisasi ini.

Demikian penegasan ini kami buat dengan harapan bisa menjadi pegangan bersama sekaligus menjadi pengikat kita dalam menjalankan tugas kemanusiaan yang sangat mendesak untuk dilakukan dewasa ini. Dengan ridlo Allah dan Syafaat Nabi Muhammad Sallallohu ‘Alaihi Wasallam, serta karomah para Auliyaillah kita berharap  Multaqos Shufi Al Alamy ini mampu melaksanakan tugas kemanusiaannya dengan seksama. Hasbunallahu wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir, wala haula wala quwwata illa billah 

 

Follow, Share and Like:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
Google+
http://pcnucilacap.com/deklarasi-multaqos-sufi-forum-shufi-se-dunia/