Baitul Mal Wat Tamwil Nahdlatul Ummah (BMTNU) Cabang Cilacap Tengah di Jl. MT Haryono Lomanis Terus Berkembang sejak dioperasikan. Hal itu disampaikan oleh Slamet Supardi, Manager BMTNU, dalam Rapat Koordinasi dengan Pengurus Koperasi Nahdlatul Ummah Cilacap (11/4) di Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap. Perkembangan bisa dilihat dari jumlah Penabung yang sudah mencapai angka 318 orang dan Nasabah-Peminjam sejumlah 163 orang dengan besaran tabungan dan pinjaman yang bervariasi. Ini juga menunjukkan bahwa BMTNU Cabang Lomanis Cilacap secara bertahap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Slamet Supardi menambahkan bahwa perkembangan tersebut juga diiringi dengan peningkatan kinerja pengelola BMTNU. “Kami memberlakukan sistem target kepada pengelola untuk mendapatkan nasabah baru, minimal 10-15 orang per bulan. Tentu target ini realistis dan bisa direkrut oleh petugas BMTNU,” tambahnya.

Priyono SH, Ketua Pengurus Koperasi NU Cilacap mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan BMTNU, para pengurus MWCNU di eks Kotip Cilacap akan dilibatkan, utamanya sebagai anggota Koperasi. “Nanti secara otomatis Pengurus MWC NU Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara dan Jeruklegi, akan menjadi anggota Koperasi, ikut memperkuat modal BMTNU dan pada saatnya akan mendapatkan sharing pembiayaan untuk operasional MWCNU,” katanya.

Priyono menambahkan, perkembangan BMTNU membutuhkan komitmen Pengurus NU di semua tingkatannya; di tingkat BMTNU Cabang sangat memerlukan komitmen Pengurus MWCNU. “Kita optimis bahwa peluang BMTNU untuk berkembang masih terbuka lebar,” imbuhnya.

Sementara itu Manager BMTNU Pusat, Slamet Saridjono menyampaikan bahwa BMTNU Pusat juga mengalami perkembangan yang signifikan. Per maret 2012, jumlah asset mencapai 523.729.150 rupiah yang dikelola BMTNU. Penambahan Penabung dan Peminjam juga mengalami kenaikan.

“Perkembangan ini memang signifikan, tapi menjaga kontinyuitas dengan tingkat kesehatan BMTNU jauh lebih penting. Oleh sebab itu, kita harus tetap menjaga komitmen bersama untuk membesarkan BMTNU di tengah kepercayaan masyarakat yang cenderung meningkat,” katanya.

Follow, Share and Like:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
Google+
http://pcnucilacap.com/bmtnu-cabang-cilacap-tengah-terus-berkembang/