Berhidmat dengan Kerja Nyata. Kalimat ini menjadi tema Muskercab 1 tahun 2018 PCNU Cilacap. Muskercab akan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018/5 Muharram 1440 H, bertempat di Pondok Pesantren Nurul Islam Karangjati, Sampang, Cilacap.

Berhidmat Dengan Kerja Nyata merupakan penegasan atas tema besar Konfercab NU Cilacap tahun 2018 yang menempatkan kerja-kerja organisasi dengan tiga prinsip utama, masing-masing Sinergis, Terukur dan Terencana.

Pertama, Sinergis. Sebagai sebuah organisasi, NU memiliki pilar Lembaga dan Badan Otonom. Sinergi antara PCNU-Lembaga-Badan Otonom menjadi prinsip yang tidak bisa ditawar dalam konteks kerja –kerja organisasi yang lebih nyata. Ketiga pilar itu menjadi sentral pelaku kegiatan dalam rangka pelaksanaan program.

Kedua, Terukur. Keterukuran juga merupakan prinsip dalam kerja-kerja  organisasi yang lebih nyata. Keterukuran tidak semata-mata ukuran kuantitatif waktu, melainkan juga dalam bentuk target output dan outcome kegiatan dengan progres yang bisa dilihat. Keterukuran juga menjangkau aspek pembiayaan kegiatan organisasi.

Ketiga, Terencana. Kerja nyata dalam organisasi juga memerlukan perencanaan yang baik. Mustahil sebuah kegiatan dilaksanakan tanpa perencanaan. Oleh sebab itu, setiap kegiatan memerlukan sebuah dokumen rencana pelaksanaan kegiatan yang akan menjadi acuan bersama.

Ketiga prinsip di atas diharapkan menjadi nafas organisasi NU sehingga kinerjanya semakin nyata; terlihat dan nyata dirasakan manfaatnya. Semoga Muskercab 1 tahun 2018 PCNU Cilacap bisa terlaksana dengan baik dan menghasilkan keputusan-keputusan dalam rangka penghidmatan yang lebih nyata.

Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) merupakan forum permusyawaratan tertinggi setelah Konferensi Cabang yang dipimpin dan diselenggarakan oleh Pengurus Cabang. Musyawarah Kerja Cabang membicarakan pelaksanaan keputusan-keputusan Konferensi Cabang dan mengkaji perkembangan organisasi serta peranannya di tengah masyarakat. Musyawarah Kerja Cabang  dihadiri oleh anggota Pleno Pengurus  Cabang dan Pengurus Majelis Wakil Cabang.