Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Nahdlatul Ulama (KBIHNU) Cilacap meraih sedikitnya 680 jamaah calon haji untuk tahun bimbingan 2012M/1433H. Mereka akan mengikuti manasik massal di Kota Cilacap tanggal 30 Juni 2012. Hal tersebut disampaikan KH. Muhlisuddin Affandi, BA., Pengurus Pusat KBIHNU dalam acara Rapat Kordinasi Ketua Regu dan Ketua Rombongan (Karu-Karom) di Gedung Pusdiklat PCNU Cilacap, Selasa (5/6). Pertemuan diikuti oleh Karu dan Karom serta jajaran Pengurus KBIHNU Pusat dan Distrik se Cilacap.

Ketua KBIHNU KH. M. Syahid Muchson mengatakan, manasik Massal akan mempertemukan seluruh jamaah calon haji yang selama ini mengikuti bimbingan ibadah haji di masing-masing distrik KBIHNU. Manasik massal dilakukan dengan cara menempuh rute perjalanan sebagaimana perjalanan Ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah. “Praktek dalam manasik massal ini dibuat persis seperti di Mekkah, agar jamaah calon haji bisa memahami seluruh tahapan Ibadah Haji,” katanya

Sementara itu, kepada para Karu dan Karom diharapkan agar apa yang menjadi tugas dan kewajibannya benar-benar diperhatikan. Karu mendampingi jamaah calon haji dalam regu, dan Karom mendampingi dan memfasilitasi kebutuhan jamaah calon haji. Kepada para Karu dan Karom diberikan leaflet berupa panduan tentang tugas dan kewajiban mereka.

“Tugas Karu dan Karom dimulai hari ini, pada saat manasik massal, pada saat pemberangkatan, selama di tanah suci hingga kembali lagi ke tanah air Apa yang tertera dalam leaflet tersebut, harus menjadi pegangan Karu Karom. Insya Allah, dengan tugas tersebut, kekhusu’an Ibadah Haji tidak terganggu,” kata KH. Muhlisuddin.

Dengan mencapai angka 680 jamaah calon haji, KBIHNU menunjukkan prestasi bimbingan ibadah haji yang konsisten. Ini sekaligus menunjukkan bahwa KBIHNU mendapat kepercayaan dari masyarakat. Kepercayaan ini jangan disia-siakan. Kepada seluruh jajaran pengurus, Ketua KBIHNU berharap agar kepercayaan ini dipeliharai demi eksistensi KBIHNU ke depan.

 

Follow, Share and Like:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
Google+
http://pcnucilacap.com/680-jamaah-calon-haji-siap-mengikuti-manasik-massal/