Bagikan dan Rekomendasikan

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Nahdatul Ulama (KBIHNU) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Manasik Haji Massal, Sabtu, 9 Mei 2015, pukul 07.00 WIB s/d selesai yang diikuti oleh 637 Jamaah Calon Haji, yang berasal dari berbagai Kecamatan diseluruh Kab. Cilacap. Adapun jumlah seluruh Jamaah Haji Kab. Cilacap untuk Tahun 2015 sebanyak 872 Jamaah, jadi untuk tahun 2015 jamaah haji yang bergabung dengan KBIH NU cukup banyak mendekati 2 kloter.

Manasik Masal merupakan media sarana latihan praktek bagi para Jamaah Calon Haji atau untuk membimbing para Jamaah dalam melaksanakan Ibadah Haji, sehingga dengan mengikuti praktik manasik tersebut para Jamaah diharapkan bisa mendapatkan bekal ilmu pengetahuan untuk pelaksanaan Ibadah Haji di Tanah Suci, dengan bekal tersebut diharapkan para Jamaah lebih paham dan dapat menjadi jamaah yang mandiri dan tidak merasa bingung dalam pelaksanaan ibadah yang sesungguhnya ditanah suci nanti, sehingga Ibadahnya menjadi syah karena Ibadah Haji hanya wajib sekali seumur Hidup.

Dalam sambutannya, Ketua PC NU Cilacap KH. Maslahudin    menyatakan, KBIH NU telah berdiri sejak 2003 berarti sudah 13 tahun dan kami mengucapkan terima kasih kepada para jamaah yang telah bergabung dengan KBIH NU. Kami berharap agar para jamaah dapat berbuat iklas, sabar, dan banyak menolong antar sesama jamaah.

KH. Maslahuddin berharap, mudah mudahan jamaah Haji KBIH NU Cilacap semua bisa selamat dalam melaksankan ibadah dan bisa pulang ke tanah air dengan selamat pula lengkap seperti waktu berangkat dan diharapkan bisa berziarah ke makam Rosulluloh.

“Kita berdoa agar para jamaah KBIH NU menjadi Haji yang mabrur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kab. Cilacap yang diwakili Kasubag Tata Usaha H. Jasmin.M.PdI mengucapkan selamat kepada KBIH NU yang telah melaksanakan manasik masal, memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada KBIH NU yang telah memberikan bimbingan kepda para jamaah yang lebih berkualitas dan lebih banyak dibandingkan dengan KBIH lain.

“Terima kasih yang sedalam dalamnya atas kerjasamanya dengan Kemenag Kab. Cilacap,” katanya.

Rangkaian Kegiatan Manasik haji yang diselenggarakan oleh KBIHNU dengan mengambil beberapa lokasi yang berbeda dimaksudkan untuk mengajak jamaah untuk melaksanakan praktik manasik seperti atau mendekati pelaksanaan Ibadah Haji yang sebenarnya (Nasim S).