Musim Haji tahun 2013 ini, sekitar 11.000 Muslim Republik Rakyat Cina (RRC) pergi ke Mekkah di Arab Saudi untuk melaksanakan Ibadah Haji. Kelompok Terbang (Kloter) terakhir Jamaah Calon Haji Negeri Tirai Bambu itu lepas landas meninggalkan Beijing, Sabtu lalu. Tidak kurang dari 290 Muslim Cina tergabung dalam Kloter terakhir itu.

Seperti dilaporkan cntv.cn, dalam 5 dekade terakhir ini, pemerintah Republik Rakyat Cina telah mengorganisir penyelenggaraan penerbangan Ibadah Haji bagi penduduk Muslim Cina yang menunaikan Ibadah Haji.

Islam adalah agama terbesar kedua di dunia , dengan lebih dari satu miliar pengikut. Republik Rakyat Cina memiliki tidak kurangdari 20 juta penduduk Muslim, atau setara dengan 1 sd 2 persen jumlah penduduk negara itu. Pemerintah Cina telah membantu pengiriman jamaah Calon haji ke Mekkah sejak tahun 1955, dan dari tahun ke tahun, jumlahnya semakin meningkat.

Calon Jamaah Haji Republik Rakyat Cina akan menempuh perjalanan lebih dari 7.000 kilometer setara jarak antara Mekkah dan Beijing, dan Pemerintah menjamin keamanan mereka selama dalam perjalan ke Mekkah hingga pulang kembali ke Cina. (Kang Nawar).

Foto: muslimvillage.com

Follow, Share and Like:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
Google+
http://pcnucilacap.com/11-000-muslim-republik-rakyat-cina-rrc-melaksanakan-ibadah-haji/